Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser salurkan bantuan benih padi kepada para petani untuk mencapai target pengembangan padi di lahan  seluas 5.000 hektar.

“Bantuan benih ini tersebar di beberapa kecamatan yang selama ini menjadi kawasan pengembangan sentra pertanian,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser, Erwan Wahyudi, di Tanah Grogot, Kamis (11/1).

Dia mengatakan, ada empat wilayah kecamatan yang saat ini menjadi kawasan pengembangan sentra pertanian Kecamatan Long Ikis, Long Kali, Pasir Belengkong, dan Tanah Grogot.

Selain memberikan bantuan benih, kata Erwan, pihaknya juga memfasilitasi proses pengapuran guna meningkatkan pH tanah mengingat asam tanah  berada di angka pH 4,5.

“Jadi kita netralkan asam tanah dengan kapur untuk pembenahan tanahnya,” kata  Erwan.

Menurutnya, paling cepat program bantuan benih direalisasikan pada musim tanam.

Diperkirakan katanya, awal Maret sudah memasuki musim tanam.

Dikemukakannya saat ini DTPH Paser sedang merampungkan  proses administrasi melalui e-katalog.

“Harapan kami produksi pertanian di tahun 2024  meningkat,” ujarnya.

Erwan menambahkan untuk ketersediaan pupuk,  pihaknya akan mensinkronkan program pembagian benih dengan pembagian pupuk bersubsidi yang bersumber dari APBN.

“Untuk pupuk bersubsidi yang bersumber dari APBN, penerimanya sudah ditetapkan melalui surat keputusan pemerintah,” kata Erwan.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024