Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, akan memperingati Peristiwa Merah Putih Sangasanga 1947  pada 27 Januari 2024 yang menekankan tiga sukses, yakni sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, dan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Perjuangan melawan penjajahan Belanda di Sangasanga berlangsung sangat lama dan puncaknya adalah pada 27 Januari 1947. Tahun ini kita akan mengenang kembali peristiwa tersebut untuk menghormati para pahlawan," kata Kabag Kesejahteraan Rakyat Dendy Irawan Pemkab Kukar di Tenggarong, Minggu.

Dalam mengenang jasa perjuangan para pahlawan tersebut akan diperingati di Kecamatan Sangasanga, kawasan pesisir Kabupaten Kukar.

Diantara tujuan dari kegiatan ini adalah mengenang dan mendoakan para pahlawan, kemudian juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan menggandeng pelaku UMKM setempat di peringatan Peristiwa Sangasanga ini.

Rapat persiapan acara mendatang sudah dilakukan beberapa kali, termasuk saat ia didampingi Camat Sangasanga M Dachriansyah memimpin rapat finalisasi persiapan Peringatan Peristiwa Merah Putih ke- 77 di Kantor Camat Sangasanga, pada Jumat (5/1/), dua hari lalu.

Setelah rapat dilanjutkan peninjauan lokasi baik gerai pameran, sejumlah lokasi pendukung pelaksanaan, dan lokasi yang dijadikan upacara peringatan.

Adapun jadwal sementara yang telah disusun panitia untuk Peringatan Peristiwa Merah Putih Ke- 77 antara lain diawali Gowes Merah Putih dengan start dari Kecamatan Tenggarong dan finis di Kecamatan Sangasanga yang diikuti Bupati Kukar bersama komunitas gowes.

Kemudian Bupati akan membuka beberapa cabang olahraga umum dan tradisional seperti turnamen ketapel, turnamen panahan, turnamen bola voli, lomba ketinting, Transksang ke- 4, napak tilas dan Camping Ground Merah Putih di Lapangan Gelora Pantai EP.

Dilanjutkan, doa untuk para pahlawan di Masjid Besar Al Mukarramah,  pemberian santunan kepada veteran dan janda veteran, dan renungan cuci di Taman Makam Pahlawan Wadah Batuah Sangasanga.

Sedangkan puncak acara ditandai upacara dan Parade Peringatan Peristiwa Merah Putih di Lapangan Bola PT Pertamina Sangasanga, dilanjutkan ziarah tabur bunga di Makam Pahlawan Wadah Batuah.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024