PT Angkasa Pura I Bandar Udara Sepinggan Balikpapan melepas penumpang terakhir pesawat yang terbang pada 31 Desember 2023 dan menyambut penumpang pada penerbangan pertama 1 Januari 2024 sebagai tradisi bandara itu.

Pesawat Airbus A320 Citilink dengan nomor penerbangan QG 430 yang mendarat pukul 07.32 Waktu Indonesia Tengah menjadi yang pertama mendarat di Benua Etam, pada Senin (1/1).

Penerbangan itu lepas landas dari Bandara Djuanda Surabaya dengan 178 penumpang.

Tiga penumpang pertama yang muncul dari garbarata  langsung disambut di aviobridge dan dikawal ke tempat acara penyambutan di area transit oleh manajemen Bandara Sepinggan.

“Selamat datang di Balikpapan. Selamat Tahun Baru,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Sepinggan Balikpapan Ahmad Syaugi Wahab.

Para penumpang itu juga disabut tari selamat datang sebagai tarian Dayak Kenyah, selain pemberian buket bunga dan suvenir untuk tiga penumpang itu.

Baca juga: Penumpang Bandara SAMS Balikpapan menurun jelang Tahun Baru

“Kami akan terus  meningkatkan pelayanan dan fasilitas di Bandara ini. Kami juga memastikan penumpang terlayani dengan baik, baik yang berangkat maupun yang datang ke Bandara Sepinggan serta pengguna jasa yang lainnya” kata Syaugi.

Satu dari ketiga penumpang yang mendapatkan sambutan itu, Edy, mengaku kaget mendapatkan sambutan. “Tiba-tiba kami disambut, dikawal, ada tari-tarian, ada hidangan makanan dan minuman. Rasanya istimewa sekali,” kata Edy.

Sebelumnya pada Minggu malam (31/12), manajemen Bandara Sepinggan melepas penumpang terakhir dengan penerbangan Citilink QG 421 menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten.

Syaugi melepas penerbangan yang memuat 77 penumpang itu di Gate 5 ruang tunggu keberangkatan, selain pemberian cendera mata khas Kaltim dan tarian selamat jalan.

Penumpang yang mendapatkan oleh-oleh Kaltim itu itu adalah penumpang yang terakhir mencatatkan diri (check-in), baik secara daring atau langsung di meja pencatatan di bandara.

Syaugi menyatakan upacara lepas-sambut penumpang itu menjadi bentuk rasa terima kasih manajemen Angkasa Pura dengan memberikan perhatian kepada para penumpang.

Baca juga: Peningkatan kapasitas-kualitas Bandara Sepinggan penting bagi IKN

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024