Samarinda (ANTARA Kaltim) - Partai Golongan Karya (Golkar) berhasil menang di sembilan kabupaten/kota di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang telah disahkan, kami (Partai Golkar) berhasil menang di sembilan kabupaten/kota di enam daerah pemilihan (dapil) di Provinsi Kaltim dan Kalimantan Utara," ungkap Sekretaris DPD Golkar Kaltim Achmad Albert, kepada wartawan di Samarinda, Selasa.

Ia mengatakan, di Kota Samarinda kata Achmad Albert, Partai Golkar berhasil menempatkan sembilan kadernya sebagai anggota DPRD sementara pada Pemilu 2009, partai berlambang beringin itu hanya meraih enam kursi.

Partai Golkar berhasil meraih 13 kursi di DPRD Kota Balikpapan sementara pada pemilu sebelumnya hanya berhasil meraih 10 kursi.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara, Partai Golkar berhasil meraih 19 kursi atau bertambah delapan kursi dari pemilu sebelumnya yang hanya meraih 12 kursi, di Kutai Timur yang pada pemilu 2009 hanya meraih enam kursi naik menjadi delapan kursi, di Kabupaten Paser dari empat kursi menjadi lima kursi serta Kota Bontang dari empat menjadi lima kursi.

Perolehan kursi Partai Golkar di Kabupaten Penajam Paser Utara turun menjadi lima kursi padahal pada pemilu 2009 meraih delapan kursi, di Kabupaten Kutai Barat perolehan kursi partai berlambang pohon Beringin itu juga turun dan hanya meraih satu kursi sementara sebelumnya tiga kursi.

"Di Kabupaten Berau, perolehan kursi Partai Golkar tetap, tapi dari perolehan suara kami tetap unggul. Sementara, di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kaltara, perolehan suara kami kalah dari partai lainnya," kata Achmad Albert.

Sementara, untuk DPRD Provinsi Kaltim, Partai Golkar pada 2014 berhasil meraih 12 bertambah satu kursi dibanding Pemilu 2009 yanghanya meraih 11 kursi.    (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014