Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kalimantan Timur memberikan penghargaan kepada desa yang telah berhasil mendapatkan prestasi di tingkat nasional dalam acara Village Award Kaltim Tahun 2023.

Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni mengatakan anugerah ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah Provinsi Kaltim atas kinerja para kepala desa yang telah berhasil membangun desanya sehingga mendapatkan prestasi nasional.

"Pemprov Kaltim mengapresiasi Village Award Kaltim Tahun 2023. Bagi kami, ini adalah puncak capaian prestasi atas kinerja para perangkat desa maupun kelurahan se Kaltim. Kegiatan seperti ini patut dilanjutkan dan dipertahankan di tahun-tahun berikutnya," pesan Sri Wahyuni saat membuka Village Award Kaltim Tahun 2023 di Samarinda, Rabu.

Menurut Sri, urusan desa adalah urusan semua sektor. Sehingga kategori penghargaan yang diberikan bisa diperluas untuk meningkatkan gaung Village Award Kaltim pada tahun berikutnya.

"Kategori yang perlu ditambahkan adalah kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat desa ," jelas Sri Wahyuni.

Ia berharap kegiatan penghargaan desa berprestasi ini bisa mencontoh sektor pariwisata dengan program Jambore Pokdarwis.

"Karena itu ke depan bisa dilaksanakan Jambore Desa Membangun di Kaltim," pintanya.

Isi dari jambore tersebut, lanjutnya, mulai Teknologi Tepat Guna (TTG), Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), hingga bazar UMKM di masing-masing desa dan kelurahan.

"Kegiatan jambore itu bisa dilaksanakan tiga hingga lima hari. Tapi, gaungnya dapat terlihat besar. Kita banyak gedung besar, di Balikpapan maupun Samarinda. Semua bisa dilaksanakan. Kuncinya adalah full kegiatan desa membangun," jelasnya.

Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi menjelaskan anugerah ini dalam rangka mengapresiasi dan memotivasi kepada desa dan kelurahan se Kaltim pada 2023.

Adapun penghargaan yang diberikan Pemprov Kaltim kepada pihak yang sudah sukses di tingkat nasional dalam kategori Kelurahan Teknologi Tepat Guna diterima Pemkot Bontang tahun 2023.

Kemudian, kelurahan dan desa yang sukses meraih prestasi terbaik nasional berturut-turut pada 2023 diterima Balikpapan dan Berau.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023