Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap peserta Ujian Nasional (UN) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat tidak khawatir menghadapi pelaksanaan UN.  Sukses pelaksanaan UN merupakan bagian dari tolok ukur keberhasilan siswa selama menempuh pendidikan.

“Saya berharap para peserta UN dapat mengikuti dengan baik. Laksanakan dengan jujur. Hadapi penuh semangat tanpa rasa takut. Karena UN merupakan ukuran dari tingkat keberhasilan siswa selama menempuh pendidikan,” kata Awang Faroek Ishak di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (5/5).

Gubernur berkeyakinan peserta UN di Kaltim, baik jenjang SMA, SMP dan SD mampu meraih hasil baik. Apalagi, pelaksanaan tersebut dihadapi dengan tertib, tentu akan meraih hasil sesuai harapan.

Tahun lalu UN di Kaltim berlangsung aman dan tertib, lalu hasilnya pun sangat memuaskan. Siswa-siswa di wilayah perbatasan, mampu meraih hasil kelulusan hingga 100 persen.

“Semua itu bukti bahwa pendidikan di Kaltim makin merata.  Karena itu, saya berharap para pengawas dan guru yang mengawasi UN dapat melaksanakan tugas dengan tertib,” harap Awang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim mengatakan pelaksanaan UN SMP yang dimulai 5 Mei 2014, berlangsung aman. Hingga saat ini, pelaksanaan UN SMP berlangsung aman dan tertib sesuai jadwal.

“Bahkan, distribusi soal ujian telah dikirim 10 hari sebelum pelaksanaan. Pengiriman, kami mulai dari daerah sulit dijangkau, yakni wilayah perbatasan Nunukan, Malinau dan Kutai Barat,” jelas Musyahrim usai meninjau UN SMP bersama anggota DPR RI Komisi VIII di MTSN Model Samarinda di Jalan Harmonika.

Dia menyebutkan UN SMP tahun ini, diikuti 57.695 siswa yang tersebar di 724 sekolah,  Menyukseskan penyelenggara UN, panitia tetap menggunakan pengawalan penditribusian, yakni bekerjasama dengan PT POS dan pihak Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim dan Perguruan Tinggi (PT), yakni Unmul Samarinda untuk wilayah Kaltim dan Universitas Borneo Tarakan untuk wilayah Kaltara.

Musyahrim yakin seluruh peserta dapat menjalani dengan baik dan diharapkan dapat sukses meraih hasil yang ditargetkan. Karena, ujian ini bukan hal yang baru. Setiap tahun dilaksanakan. Karena itu, dipastikan seluruh siswa bisa mengikuti dengan baik.

“Saya yakin seluruh peserta bisa mengerjakan soal ujian dengan baik karena mereka sudah memiliki bekal pengetahuan, sejak kelas satu dan dua dari guru bidang studi masing-masing. Semoga peserta UN SMP di Kaltim bisa lulus 100 persen,” jelasnya. (Humas Prov kaltim/jay)

 


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014