Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur Nidya Listiyono mengajak Generasi Z, terutama mahasiswa agar menciptakan inovasi digital lewat kewirausahaan secara cerdas dan kreatif.
 
"Pemuda harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat untuk menciptakan peluang bisnis sesuai kebutuhan dan tantangan zaman," kata Nidya dalam Seminar Kewirausahaan 2023 oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Sebatik Samarinda (HIPMAS) di Samarinda, Selasa.
 
Mahasiswa, menurutnya, menjadi penerus tongkat estafet bangsa yang harus beradaptasi dan berinovasi menghadapi persaingan era teknologi komunikasi dan informasi yang sangat ketat.
 
"Jangan hanya jadi konsumen, tapi ciptakan produk sebagai produsen. Jangan hanya jadi pencari kerja, tapi ciptakan lapangan kerja. Jangan hanya jadi follower, tapi jadilah leader," ujar legislator daerah pemilihan Samarinda itu.
 
Nidya meminta generasi muda dapat memanfaatkan perangkat teknologi informasi untuk meningkatkan ketrampilan, pengetahuan, dan kewirausahaan mereka.

Baca juga: DPMD Penajam pacu usaha desa lewat pelatihan kewirausahaan

Namun, Bendahara Partai Golkar Kaltim itu menekankan ekosistem digital yang kondusif dan inklusif bagi para pemuda sehingga mereka mampu berkontribusi dalam pembangunan daerah dan nasional.
 
"Pemerintah semestinya memberikan fasilitas dan dukungan kepada para pemuda yang ingin berinovasi dan berwirausaha bidang digital," ujarnya.
 
Dukungan itu antara lain bimbingan kewirausahaan, jaringan pemangku kepentingan, akses pasar, hingga bantuan modal. Para pemangku kepentingan seperti pelaku usaha, akademisi, hingga pemerintah juga terlibat dalam pengembangan ekosistem digital itu.
 
"Semoga seminar itu menjadi awal terciptanya wirausahawan wirausahawati muda yang sukses dan bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya. (Adv/DPRD Kaltim)

Baca juga: Disdikbud Kaltim gali potensi siswa melalui Festival Dual Track

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023