Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, memacu peningkatan usaha-usaha desa oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) lewat pelatihan kewirausahaan.

"Kami berikan wawasan kepada pelaku usaha kecil menengah melalui pelatihan agar mereka mampu mengembangkan usaha di desa," ujar Kepala DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara Pang Irawan di Penajam, Jumat.
 
Pelatihan kewirausahaan itu, lanjut Irawan, meliputi pemahaman, pemasaran, dan perizinan produk. Tiga hal itu bertujuan membangun citra produk sehingga dapat dipercaya konsumen.
 
Selain itu, kompetensi pelaku usaha kecil menengah harus ditingkatkan. Contohnya, pembekalan berupa kemampuan membaca peluang atau mengembangkan usaha di tengah persaingan pasar.
 
Irawan mengatakan tujuan pelatihan itu adalah peningkatan kualitas dan kemampuan pelaku usaha kecil menengah di desa, termasuk pengembangan manajemen usaha sehingga berdampak pada perputaran ekonomi desa.

Baca juga: DPMD Penajam bekali pelaku UKM pelatihan demi dongkrak ekonomi

Desa-desa yang menjadi sasaran pelatihan kewirausahaan di Kabupaten Penajam Paser Utara itu tersebar di Kecamatan Penajam, Kecamatan Waru, dan Kecamatan Babulu.
 
Pengembangan wirausaha desa, menurut Irawan, sebagai upaya menumbuhkan ekonomi desa yang tangguh, penuh inovasi, dan kreatifitas.
 
Penguatan pelaku usaha kecil menengah secara berkelanjutan juga mendorong penguatan ekonomi desa berbasis potensi dan kearifan lokal. 
 
"Wilayah pedesaan memiliki berbagai potensi yang perlu dikelola menjadi aktivitas dan produk bernilai tambah. Pengelolaan potensi itu dapat mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.(Adv)
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023