DPRD Provinsi Kalimantan Timur dan Kepolisian Daerah Kalimantan Timur mengantisipasi kerawanan Pemilu 2024 dan keamanan daerah sebagai pembahasan kedua pimpinan lembaga itu.
 
"Kunjungan Kapolda ke kantor kami bertujuan memperkenalkan diri. Kami juga menjalin komunikasi dengan kapolda baru yang dilantik pada 18 Oktober," kata Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud di Samarinda, Jumat tentang pertemuannya dengan Kapolda Kaltim Irjen Pol. Nanang Avianto.
 
Selain silaturahmi, Hasanuddin mengungkapkan pembahasan tentang persiapan pengawalan Pemilu dan Pilkada 2024 menjadi fokus utama, baik dari distribusi logistik hingga pasca-perhitungan suara.
 
"Kami juga menyampaikan aspirasi dari DPRD Kaltim agar kapolda bisa menghidupkan kembali forum komunikasi antara pejabat pemerintah daerah dan kepolisian yang selama ini kurang berjalan. Kami berharap, paling tidak sebulan sekali ada pertemuan untuk membahas isu-isu penting yang terjadi di daerah," katanya.
 
Politikus Partai Golkar itu meminta sinergi lembaga legislatif daerah dapat bersinergi dengan kepolisian daerah guna menangani sejumlah persoalan hukum dan keamanan seperti penegakan hukum, pemberantasan narkoba, dan pencegahan konflik sosial.

Baca juga: Polresta Samarinda tingkatkan keamanan hadapi Pemilu
 
DPRD Kaltim, lanjutnya, juga siap mendukung program dan kegiatan Polda Kaltim, termasuk dalam anggaran dan pengawasan.
 
"Kami berharap Polda Kaltim dapat terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat," ujarnya.
 
Hasanuddin mengapresiasi kinerja Polda Kaltim yang telah mengungkap sejumlah kasus, seperti kasus peredaran narkoba, konflik masyarakat, pembunuhan, hingga perdagangan manusia.
 
Pada pertemuan tersebut hadir Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo, anggota Komisi II Sapto Setyo Pramono, anggota Komisi I Jahidin, Sekretaris DPRD Kaltim Norhayati US, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli, beserta jajaran kepolisian daerah Kaltim. (Adv/DPRD Kaltim)

Baca juga: Dandim Samarinda ingatkan prajurit bersikap netral hadapi Pemilu 2024

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023