Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur menyalurkan bantuan berupa bibit karet, pupuk NPK, dan herbisida kepada Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Handil Terusan, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ahmad Muzakkir di Kutai Kartanegara, Rabu, mengatakan bantuan itu, meliputi bibit karet 7.500 batang (500 batang per hektare), pupuk majemuk (NPK) 1.500 kg (100 kg per hektare), dan herbisida 75 liter (lima liter per hektare)

"Bantuan itu kami berikan untuk perluasan lahan karet seluas 15 hektare. Total nilai paket bantuan ini mencapai Rp139.087.500," kata dia usai menyerahkan bantuan tersebut.

Ia mengatakan bantuan tersebut untuk mendorong diversifikasi tanaman dan menjaga keberlanjutan sektor perkebunan, khususnya tanaman karet rakyat.

“Harapan saya bantuan ini betul-betul diterima dan dimanfaatkan dengan baik, karena tidak semua poktan (kelompok tani) itu bisa mendapatkan bantuan,”kata Muszakir.

Ia mengajak petani yang menerima bantuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan bantuan itu dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan kesejahteraan mereka. 

Kades Handil Terusan Achmadi memberikan apresiasi kepada Disbun atas bantuan tersebut karena masyarakat memang membutuhkan bibit dan pupuk.

Ia mengajak poktan untuk mengoptimalkan pemanfaatan bantuan sehingga dapat berkontribusi positif terhadap kesejahteraan petani.

"Saya imbau kepada masyarakat untuk semakin rajin menjaga kebunnya, mudah-mudahan bibit yang diberikan bisa menghasilkan produk karet yang bagus," kata dia.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023