Sebanyak 141 atlet Paralympic Kota Balikpapan siap untuk meraih prestasi  pada ajang Pekan Olahraga Paralimpyc Tingkat Provinsi Kaltim yang akan berlangsung  mulai 15-20 November 2023 di Balikpapan.

“Kontingen atlet paralympic Balikpapan harus  tampil  semangat  untuk meraih  prestasi  walaupun dalam kondisi terbatas,” kata Sekda Muhaimin mewakili  Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, saat Pelepasan atlet Paralympic Balikpapan di di Halaman Pemkot Balikpapan.

Ia mengatakan  meski memiliki keterbatasan namun tidak menutup untuk meraih prestasi.  Ada keterbatasan tapi tidak menutup untuk berprestasi mengalahkan yang normal.

“ Tekad kita jadi yang terbaik di Kaltim tapi dengan cara sportivitas, ” tegasnya.

Ketua National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Kaltim Suharyanto mengatakan ada sekitar 913 orang yang terlibat dalam gelaran Peparprov 2023  terdiri dari  615 atlet paralympic, 256 wasit, juri dan 200 pelatih.

Lanjutnya kegiatan Peparprov Kaltim 2023 juga di dukung panitia sekitar 200 orang.

Menurutnya ada  15 Cabang olahraga (Cabor) yang akan  dipertandingkan,  tapi masih menunggu dua cabor bowling dan anggar.

Ke depan Peparprov ini akan menjadi seleksi Peparnas 2024. Nanti ada TC dari masing-masing kabupaten kota.  Dari sini Peparprov betul-betul diambil untuk Peparnas tahun depan  yang berlangsung di  Medan.

Dikemukakannya  untuk  kegiatan Perpanas tahun depan NPCI  mendapatkan anggaran  dari Dbon sekitar Rp5 miliar.

Sementara pelepasan atlet Paralympic dilakukan Sekda Muhaimin didampingi Staf Ahli Heria Prisni, Kepala DPOP Balikpapan Ratih Kusuma, Ketua NPCI Kaltim dan NPCI Balikpapan.

Kegiatan  Pekan Olahraga Paralimpyc Tingkat Provinsi Kaltim di gelar di Balikpapan sebagai tuan rumah  yang berlangsung pada  15-20 November 2023.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan adalah boccia, voli duduk, goal ball, tenis kursi roda, sepak bola CP, tenis meja, panahan, renang, atletik, menembak, bulu tangkis, angkat berat, dan catur. 

Untuk arena yang digunakan adalah Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Tennis Indor Stadium, Lapangan Fox Panahan, Kolam Mulawarman, Lapangan Sudirman, Lapangan Tembak Manggar, dan catur di Hotel Benakutai. (Adv)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023