Pembangunan Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yakni di Kecamatan Sepaku, bakal memberikan dampak positif bagi daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Pembangunan ibu kota negara baru Indonesia, menurut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara Jon Kenedi di Penajam, Minggu, akan memberikan dampak sangat positif untuk pembangunan di daerah Benuo Taka.
 
Jika dilihat dari konsep dari perencanaan tata ruang proyek pembangunan Kota Nusantara, lanjut dia, hampir sebagian besar wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara masuk dalam pembangunan dan pengembangan ibu kota negara Indonesia baru itu.

Pembangunan Kota Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dinilai juga tingkatkan pembangunan di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

Pembangunan infrastruktur jalan,sudah mulai nampak lebih meningkat, jelas dia, termasuk jalan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dibangun dengan material beton yang memiliki ketahanan puluhan tahun.

Baca juga: Pendapatan Penajam dari hotel dan restoran tumbuh positif seiring IKN

"Kalau jalan gunakan material aspal tidak tahan lama kemungkinan hanya satu tahun, tapi material beton diperkirakan bisa tahan 30 tahun walau biayanya mahal," tambahnya.

Pembangunan yang mulai nampak itu tidak lepas dari peran pemerintah pusat yang terus berkontribusi membangun daerah seiring pembangunan dan pengembangan ibu kota negara baru Indonesia.

Seluruh sektor seperti perikanan, pertanian, pendidikan dan kesehatan, serta lainnya di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara butuh pembangunan yang membutuhkan biaya besar.

Melihat dari kemampuan anggaran Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, pembangunan sudah terlihat meningkat seiring dengan pembangunan dan pengembangan Kota Nusantara.

Baca juga: Penajam berharap penyerahan aset di IKN dibarengi dana insentif

Sebagai daerah asal dan penyangga ibu kota negara Indonesia baru, dipastikan pemerintah pusat akan ikut membantu pembangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara dengan kapasitas anggaran yang tersedia pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Kemajuan pembangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara ke depan akan mampu menyamai dengan pembangunan kabupaten dan kota lainnya, sering keberadaan Kota Nusantara, demikian Jon Kenedi.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023