Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Jaya Mualimin meminta kepada para wisudawan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Kaltim untuk  mengabdi membangun daerah di bidang kesehatan.
 
Hal itu disampaikan Jaya dalam sambutannya pada acara wisuda dan peresmian gedung Poltekkes Kemenkes Kaltim di Samarinda, Kamis.
 
"Peresmian gedung Poltekkes Kaltim ini semoga akan menambah semangat dan dorongan untuk lebih dapat meningkatkan kinerja dalam kegiatan belajar-mengajar dan kegiatan akademik yang terlaksana dengan baik," ujarnya.
 
Ia mengapresiasi kepada pimpinan dan civitas akademika Poltekkes Kemenkes Kaltim yang telah bekerja keras dan berinovasi dengan baik memajukan Poltekes  sehingga memberikan kepercayaan kepada pemerintah dan masyarakat.
 
Jaya mengungkapkan bahwa derajat dan kualitas kesehatan masyarakat Kaltim terus membaik ditandai dengan meningkatnya angka usia harapan hidup (UHH)  sejak 2021 mencapai 74,61 tahun,  tertinggi dibanding empat provinsi lainnya di Kalimantan dan juga melebihi UHH nasional 71,57 tahun.
 
"Kita berharap UHH Kaltim terus dipertahankan dan bahkan kalau bisa lebih tinggi lagi dengan meningkatkan kualitas kesehatan melalui peningkatan layanan kesehatan ke seluruh masyarakat," tuturnya.
 
Jaya menjelaskan tantangan di bidang kesehatan di masa depan akan semakin besar dan kompleks. Antara lain kita dihadapkan pada kemunculan wabah penyakit, penyakit menular, peningkatan HIV/AIDS, penyakit malaria TBC, stunting, penyalahgunaan narkoba, ledakan jumlah penduduk, kerusakan lingkungan hidup, bencana alam, dan lain sebagainya.
 
"Selain itu, resiko kesakitan masyarakat juga kian meningkat disebabkan gaya dan pola hidup yang tidak sehat, salah gizi dan gizi buruk, asupan makan-minum dengan jenis bahan yang berbahaya dan kurang terkontrol, peredaran obat-obatan yang digunakan masyarakat," imbuhnya.
 
Dikemukakannya Pemerintah Provinsi Kaltim menaruh harapan besar pada Poltekkes Kemenkes Kaltim untuk turut memecahkan permasalahan kesehatan tersebut. Dengan dilahirkannya para wisudawan baru hari ini, maka harapan juga tertumpu pada mereka untuk siap bekerja dan mengabdi di dalam masyarakat.
 
"Untuk menjawab tantangan masa depan, saya berharap para wisudawan terus berusaha meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan kompetensi profesi yang unggul dan berkualitas," katanya.
 
Ia juga berharap kepada jajaran Poltekkes Kemenkes Kaltim untuk meningkatkan kualitas politeknik ini sehingga menjadi politeknik unggul yang bisa menjadi contoh dan acuan lembaga pendidikan kesehatan lainnya di Kaltim. (Adv)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023