Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni menyebutkan kegiatan Kirab Pemuda yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga dapat menumbuhkan semangat perjuangan dan mengenang kiprah pemuda yang telah mengucapkan sumpah setia kepada tanah air.
 
"Saya berharap para peserta kirab tidak hanya sekadar melakukan gerak jalan, tetapi juga mampu meresapi nilai dalam setiap perjalanannya," kata Sri Wahyuni saat membuka rangkaian kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 di halaman GOR Kadrie Oening Sempaja, Samarinda, Kamis.
 
Sri Wahyuni mengatakan, kegiatan kirab diikuti oleh 18 kelompok dari SMA-SMK di seluruh Kota Samarinda merupakan hal perdana yang dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim dalam memperingati HSP.
 
 Ia mengapresiasi kreatifitas dan semangat para peserta yang menunjukkan gerak jalan yang unik dan rapi.
 
Ia meminta kepada Dispora Kaltim agar Kirab Pemuda bisa dilakukan secara berbeda pada tahun berikutnya. Misalnya dengan disisipi adanya kuis atau teka-teki di tiap titik perjalanannya. Hal ini agar para peserta lebih tertantang dan belajar tentang sejarah dan budaya Kaltim.
 
Selain Kirab Pemuda, Sri Wahyuni juga membuka Pekan Raya Pemuda yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati HSP ke-95. Pekan Raya Pemuda tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari Kamis hingga Sabtu (28/10).
 
Pekan Raya Pemuda juga akan diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik dan bermanfaat bagi para pemuda, seperti pameran produk kreatif, lomba seni dan olahraga, seminar motivasi, bazar kuliner, dan konser musik.
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi para pemuda untuk mengekspresikan diri, berkarya, dan berkontribusi bagi pembangunan daerah. Saya berharap Dispora Kaltim bisa berkolaborasi dengan instansi lainnya untuk mengisi Pekan Raya Pemuda ini. Seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk mengisi seni pelajar," kata Sri Wahyuni.
 
Sementara itu Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan dan ia juga mengajak para pemuda untuk terus mengambil peran aktif dalam pembangunan daerah.
 
"Saya mengucapkan selamat kepada para peserta Kirab Pemuda dan Pekan Raya Pemuda. Semoga kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berprestasi dan berinovasi. Mari kita jaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai warisan dari para pahlawan kita," tutur Agus.(Adv/Diskominfo Kaltim)
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023