Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur mengusulkan anggaran sekitar Rp10 miliar untuk melakukan rehabilitasi SD Negeri 009 menjadi dua lantai pada 2024.
 
"Sekolah langsung bisa difungsikan untuk kegiatan belajar mengajar setelah rehabilitasi selesai," ujar Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin di Penajam, Senin.
 
Dana sekitar Rp10 miliar yang diusulkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), lanjut dia, selain untuk rehabilitasi gedung, juga untuk pengadaan meja dan kursi belajar.
 
Lokasi SD Negeri 009 yang berada di pinggir jalan raya, kata dia, akan dibangun sama seperti SD Negeri 026 yang lokasinya juga berada di pinggir jalan raya, yakni bangunan gedung dua lantai.
 
Sebagian bangunan lama SD Negeri 009 di Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam tersebut, bakal dirobohkan dan sebagian bangunan tetap dipertahankan. "Rehab SD Negeri 009 akan dilakukan pada tahun anggaran 2024 dan anggarannya sudah diusulkan," ujarnya.
 
Dinas Dikpora Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun ini melakukan rehabilitasi SD Negeri 026 yang berada di Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam dengan perencanaan bangunan gedung dua lantai.
 
Menurut dia, kemajuan rehabilitasi SD Negeri 026 sampai saat ini telah melampaui sekitar 50 persen dan pengerjaan fisik dapat selesai sesuai target yang ditetapkan.
 
"Ditargetkan rehabilitasi SD Negeri 026 selesai tahun ini, difungsikan pada 2024," ujarnya.
 
 
Rehabilitasi SD Negeri 026 di Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam itu bersumber dari APBD 2023 Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar Rp15,5 miliar.
 
Anggaran itu untuk rehabilitasi bangunan menjadi dua lantai, dilengkapi ruang kelas belajar, ruang kepala sekolah, perpustakaan, UKS (unit kesehatan sekolah), mushala, kamar mandi (toilet), dan mebeler.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023