Sangatta (ANTARA Kaltim) - Lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Timur resmi dilantik oleh Ketua Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Timur Ida Farida bertempat di Swiss Belhotel Borneo Samarinda, Selasa, 18/3, pukul 20.00 wita.

"Komisioner KPU Kutai Timur bersama-sama dengan Komisioner KPU kabupaten/Kota Se-Kaltim-Kaltara untuk masa bhakti 2014-2019 sudah dilantik di Samarinda, selasa malam," kata Komisioner KPU Kutim Hasbullah, diruang kerjanya, Rabu.

Menurut Hasbullah yang juga anggota KPU Kutim periode 2011-2014 usai dilantik dirinya langsung kembali ke Sangatta dan hari ini masuk kantor untuk membereskan ruangan yang hampir tiga bulan ini vacum karena kosong. Sehingga beberapa kegiatan dilaksanakan oleh KPU Provinsi Kaltim seperti kampanye dan bimtek.

. "Selama terjadi kekosongan kegiatan kampanye dan Bimtek terbatas dilaksanakan oleh KPU Kaltim, dan program selanjutnya menjadi tugas KPU Kutim," ujarnya.

Acara pelantikan komisioner KPU Kabupaten/Kota Se-Kaltim-kaltara, juga dihadiri Asisten Pemerintahan Provinsi Aji Sayid Faturrahman, para komisoner KPU Kaltim antara lain Sekertaris KPU Syarifuddin Rusli, M Taufik, Rudiansyah dan Syamsul serta ratusdan undangan lainnya.

Dikatakan Hasbullah, dengan telah dilantiknya komisioner KPU maka tentu semua kegiatan yang diprogramkan akan dilaksanakan, sebab, pelaksanaan Pileg 9 April tinggal hitungan hari. Ini menjadi perhatian serius kami didalam menjalankan tugas kedepannya.

Program dan kegiatan yang menjadi prioritas adalah Bimbingan Tekhnis (Bimtek) lanjutan bagi PPK di Kecamatan, terkait tata cara pencoblosan pada surat suara yang pada pemilu sebelumnya tanda gambar di contreng sekarang di coblos.

"Pemilu 2009 kita mencontreng gambar caleg dan atau gambar parpol peserta pemilu, tapi pemilu 2014 ini harus di coblos. Jadi harus dilakukan sosialisasi," kata Hasbullah menambahkan.

Dikatakannya, bahwa dengan adanya perubahan ini maka sosialisasi dan bimtek bagi petugas PPK sangat penting. Dan ini menjadi tugas penting Komisioner KPU didalam menjalan tugasnya sebagai pelaksanan pesta de mokrasi di negeri ini.

Ditanya soal calon ketua komioner KPU Kutim, Hasbullah mengatakan ada mekanisme yang mengatur itu. Kami ada lima orang yang harus kompak bekerja bersama-sama , supaya Pemilu di Kutim berjalan sukses dan lancar serta menghasilkan wakil-wakil rakyat yang berkualitas pilihan rakyat.

Lima orang komisioner KPU untuk mengawali tugasnya harus melakukan rapat pleno untuk membentuk dulu kepala-kepala bidang dan korwil, setelah itu baru dilakukan pemilihan ketua.

"Kita akan segera rapat pleno untuk membentuk kepala bidang dan korwil kemudian memilih ketua. Kita ingin bekerja cepat karena pileg semakin dekat juga"katanya (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014