Sebanyak empat kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada Selasa-Rabu (10-11/10), sedangkan enam kabupaten/kota lainnya bercuaca cerah, berawan, hingga hujan ringan.

"Dampak hujan lebat disertai petir antara lain banjir, sungai meluap, jalan licin, dan tanah longsor, sehingga semua pihak harus waspada," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Senin.

Prakiraan cuaca ini, lanjutnya, telah disampaikan kepada pihak terkait di kabupaten/kota masing-masing, termasuk kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Empat daerah yang diprakirakan hujan lebat disertai petir itu adalah Kabupaten Kutai Barat yakni terjadi pada Selasa (10/10) sekira pukul 17.00 WITa di Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung. Sedangkan semua kecamatan lainnya hujan ringan sampai pukul 20 00, namun untuk Rabu (11/10) dini hari hingga pagi diprakirakan cerah.

Kemudian Kabupaten Kutai Kartanegara, hujan lebat disertai petir diprakirakan hanya terjadi di Kecamatan Tabang sekira pukul 20.00 WITa, sedangkan hujan ringan diprakirakan terjadi pada Selasa (10/10) pukul 23.00 WITa dan Rabu (11/10) dini di Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, dan Kenohan.

Untuk Kabupaten Kutai Timur, hujan lebat disertai petir berpotensi terjadi pada Selasa pukul 11.00 WITa di Kecamatan Muara Wahau dan Busang, pukul 20.00 WITa di Kecamatan Sangkulirang, pukul 23.00 WITa hujan lebat disertai petir di Kecamatan Kaliorang, Sangkulirang, dan Kaubun. Pada Rabu (11/10) dini hari hujan ringan di sebagian besar kecamatan di Kutai Timur.

Hujan lebat disertai petir di Kabupaten Mahakam Ulu diprakirakan terjadi pada Selasa pukul 11.00 WITa di Kecamatan Laham, pukul 17.00 WITa di Kecamatan Long Hubung, dan pada Rabu (11/10) dini hari hujan ringan di Kecamatan Long Bagun.

"Untuk Kota Balikpapan dan Samarinda, hanya sebagian kecamatan yang diprakirakan mengalami hujan ringan pada siang dan sore, selebihnya diprakirakan cerah dan berawan," kata Heni.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023