Tentara Nasional Indonesia (TNI) selalu bersama rakyat menjadi garda terdepan dan benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun, kata Komandan Komando Daerah Distrik Militer (Kodim) 0913 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Letnan Kolonel Infantri Arfan Affandi.
 
"Selama 78 tahun TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir NKRI, dan menjadi kuat bersama rakyat," ujar Komandan Kodim (Dandim) Arfan Affandi di Penajam, Kamis.

Penegasan tersebut disampaikan Dandim 0913 Penajam Paser Utara itu saat membacakan amanah Panglima TNI ketika menjadi inspektur upacara peringatan hari kelahiran TNI ke-78 di halaman kantor pemerintah kabupaten di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

Perwujudan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta melibatkan seluruh warga negara, jelas dia, untuk menegakkan kedaulatan negara, melindungi segenap bangsa dan menjaga keutuhan NKRI.

Penguatan budaya strategis prajurit TNI harus tetap menjadi pagar serta pondasi utama dalam pertahanan, yaitu TNI yang semakin profesional dan manunggal dengan rakyat.

Pembangunan dan modernisasi kekuatan TNI dilakukan secara bertahap menjaga kesinambungan sesuai kemampuan negara, TNI terus melakukan adopsi, inovasi dan rekayasa teknologi mutakhir.

"TNI komponen utama pertahanan negara berkomitmen bekerja sama dengan semua komponen bangsa mengawal demokrasi wujudkan Indonesia berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera," ucapnya.

TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di Tanah Air Indonesia.

TNI telah berhasil mengatasi dengan baik berbagai ancaman, gangguan dan tantangan kedaulatan negara, keutuhan wilayah teritorial serta keselamatan bangsa.

Terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesional yang telah ditunjukkan selama 78 tahun, demikian Arfan Affandi.

Setelah upacara peringatan hari kelahiran TNI ke-78 tersebut dilakukan pemotongan tumpeng dengan doa agar TNI semakin kuat dan selalu manunggal bersama rakyat.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023