Sistem distribusi listrik Nunukan kekurangan daya hingga 1 megawatt (MW) karena saat ini pembangkit-pembangkit di kabupaten perbatasan itu maksimal mampu menyediakan 15 megawatt sementara beban puncak memerlukan pasokan hingga 15,8 MW.

“Apalagi ada gangguan di PLTD Sungai Bilal dan tekanan gas untuk PLTMG Sebaung juga tidak stabil,” ungkap manajer PLN Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Nunukan Marihot O Hutapea, Jumat.

Saat ini, sebut Marihot, PLN tengah mengupayakan mempercepat perbaikan pembangkit berdaya 1 MW di PLTD Sungai Bilal.

Karena tekanan gas untuk pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) berkurang maka semakin mengurangi lagi daya mampu yang diberikan PLN.

Hal tersebut sudah dilaporkan kepada Bupati Nunukan Laura Hafid.

“Kami berharap PLN dapat mempercepat perbaikan mesin pembangkitnya, mengingat dalam waktu dekat akan ada event Paras Fest,” kata Bupati Laura pada kesempatan terpisah. Paras Fest adalah singkatan dari Pesta Rakyat Perbatasan, event budaya dan ekonomi bagi warga Nunukan untuk memeriahkan HUT Nunukan ke-24 pada 7-21 Oktober 2023 mendatang.

Pada saat yang sama Marihot juga menyampaikan pihaknya, seperti yang diinginkan Bupati Laura, tengah mempercepat upaya perbaikan pembangkit berdaya 1 MW di PLTD Sungai Bilal.

“Kami juga pada akhir Oktober mendatang akan menambah satu lagi pembangkit berdaya 2 MW di Sungai Bilal untuk memperkuat daya pasok ke Sistem Nunukan,” kata Marihot.

Marihot juga mengungkapkan program jangka menengah PLN, yaitu menambah mesin pembangkit di PLTMG Sebaung sebesar 2x4 MW, atau 2 unit mesin berdaya mampu masing-masing 4 MW. Penambahan mesin pembangkit ini memerlukan izin menggunakan lahan di Sebaung.

“Jadi kami mohon juga dukungna Pemkab Nunukan du Bu Bupati Laura Hafid,” kata Marihot.

Berikutnya, manajer PLN UP3 Kaltara Arief Prastyanto, bahwa PLN juga tengah membuat rencana jangka panjang melistriki Nunukan. Rencana utama adalah memasukkan Sistem Nunukan ke dalam Sistem Kaltim-Kaltara sehingga mendapatkan kelistrikan yang lebih andal.

Dengan tersambung kepada Sistem Kaltim-Kaltara, PLN akan dengan mudah memenuhi kebutuhan pertumbuhan pelanggan yang sudah ada dan pelanggan baru di Nunukan. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023