Lokasi bekas bandara Temindung di Samarinda, Kalimantan Timur, yang dimanfaatkan sebagai Creative Hub oleh Dinas Pariwisata Kaltim mendapatkan apresiasi dari Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi.

“Creative Hub akan menjadi tempat kreatif anak muda,” kata Hadi Mulyadi saat membuka aktivasi Temindung Creative Hub Kaltim di Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda, Rabu.

Hadi mengatakan lokasi bekas bandara Temindung sudah semestinya dimanfaatkan karena hampir lima tahun tidak digunakan.
 
Pemanfaatan lokasi itu menjadi sarana pengembangan potensi industri kreatif, menurut Hadi, menjadi amanat yang disertai komitmen secara tertulis atau lisan. Tujuannya, ekonomi Kaltim akan semakin terdorong maju dan meningkat.
 
“Karena kita akan menyongsong IKN, akan ada pendatang. Kami yakin Kaltim bisa jadi provinsi kreatif dalam ekonomi, pariwisata, dan lain-lain. Pariwisata di Kaltim luar biasa, banyak ditemukan di kabupaten dan kota,” ujarnya.

Hadi juga berharap Kepala Dinas Pariwisata menempatkan gedung Temindung Creative Hub Kaltim sebagai tempat penyampaian informasi pariwisata kepada para pengunjung.

Baca juga: Gen Z cenderung kreatif dan inovatif, psikolog beberkan rahasianya
 
Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ahmad Herwansyah menjelaskan Temindung Creative Hub Kaltim merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sektor pariwisata di provinsi tersebut.
 
“Lokasi ini strategis. Untuk Kaltim, ekonomi kreatif tentu ada. Tempat kuliner, kemudian aplikasi dan kerajinan jadi unggulan. Potensi pertunjukan, musik, serta 17 subsektor lain industri kreatif,” katanya.
 
Pemprov Kaltim pada masa kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi, menurut Herwansyah,  terus mendukung pengembangan sektor pariwisata dengan kebijakan.
 
Herwansyah mengatakan gedung lima lantai di kawasan Temindung Creative Hub akan dibangun dengan penataan lebih baik untuk digunakan oleh pelaku usaha kreatif.
 
Kaltim berharap pemanfaatan kawasan Temindung Creative Hub menyerupai gedung Sarinah di Jakarta sebagai wadah bagi pelaku ekonomi kreatif.
 
"Untuk mengenang kejayaan Bandara Temindung, kami menamakannya 'Temindung Creative Hub Kaltim',” ujarnya.

Baca juga: DPR RI-Kemenparekraf kembangkan kreatifitas UMKM Kaltim

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023