Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor meyakini atlet Kaltim akan berjaya lagi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024 mendatang.
 
“Kita bangga Kaltim terus menoreh prestasi sejak menjadi tuan rumah PON tahun 2008. Di luar Pulau Jawa, Kaltim selalu yang terbaik,” ujar Isran saat membuka Rapat Kerja (Raker) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim 2023 di Hotel Aston Samarinda, Selasa.
 
Ia mengakui pada PON XX di Papua lalu, Kaltim hanya kalah dengan Bali untuk provinsi yang berada di luar Pulau Jawa. Namun, ia menilai itu sebagai motivasi untuk tampil lebih baik ke depan.
 
“Untuk PON 2024, kita harus lebih bagus dari pada lawan,  mental kemenangan adalah kita percaya diri lebih unggul dari lawan,” katanya.
 
Isran menegaskan  Pemerintah Provinsi Kaltim akan mendukung penuh kesejahteraan atlet dengan memberikan beasiswa khusus untuk para atlet berprestasi.
 
“Kita punya potensi anggaran yang bisa dialokasikan bagi kemajuan olahraga Kaltim. Anggaran daerah ini tersedia demi kemajuan olahraga Kaltim, asal tidak ada penyelewengan,” katanya.
 
Dikemukakannya, Beasiswa Kaltim Tuntas sudah menggelontorkan dana  dari APBD  totalnya sebesar Rp1,2 triliun untuk beasiswa kepada putra putri daerah.
 
Sementara itu, Ketua KONI Kaltim Rusdiansyah Aras mengatakan Raker  kali ini mengangkat tema “Solidaritas Pengurus Hantarkan Atlet Juara”.
 
“Kita harapkan atlet Kaltim berprestasi pada PON 2024 di Aceh-Sumut nanti. KONI Kaltim sebagai pembina olahraga memegang erat sportivitas dan solidaritas untuk menghasilkan atlet yang berkualitas untuk mencetak berbagai prestasi,” ucapnya.
 
Rusdiansyah  mengungkapkan, KONI Kaltim menjalin kerjasama dengan universitas yang peduli terhadap peningkatan atlet di Kaltim, seperti Universitas Mulawarman (Unmul).
 
Selain itu juga KONI menjalin kerjasama dengan Polda dan TNI,  serta Kejaksaan dalam pendampingan pengamanan dana hibah aset fasilitas olahraga.
 
"Sebagai persiapan, Kaltim pada pra PON meraih peringkat keempat nasional. Sedangkan atlet Kaltim yang lolos ke PON XXI Aceh-Sumut 2024 sebanyak 374 orang, terdiri jalur medali maupun non medali," tutur Rusdiansyah.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023