Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Paser menggelar rapat koordinasi musyawarah pimpinan daerah (Muspida) dengan Komisi Pemiliuhan Umum (KPU) setempat dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pemilu di daerah itu.

Rapat koordinasi tersebut dibuka Wakil Bupati Paser HM.Mardikansyah dan dihadiri para camat, Danramil, Kapolsek, sejumlah elemen masyarakat serta perwakilan partai politik.

Unsur Muspida yang hadir dalam rapat koordinasi ini antara lain Dandim 0904/TNG Letkol (Inf) M.Nasrullah Nasution, Kapolres Paser Ajun Komisaris Besar Irwan, Kajari Tanah Grogot Heru Widarmoko SH, Ketua PN Tanah Grogot Boko SH, Serta Sekretaris KPU Paser Siti Herminasih.

Kasi Politik Kesbangpol Paser Nelson Pasaribu mengatakan, tujuan rapat koordinasi itu untuk mensinergikan peran pemerintah daerah sebagai fasilitator dengan tugas KPU Paser sebagai  penyelenggara pemilu.

"Rapat koordinasi ini semacam urung rembug untuk mencari solusi atas berbagai hambatan yang dihadapi KPU dalam melaksanakan tahapan pemilu," kata Nelson.


Dalam rapat koordinasi itu, unsur muspida diberi kesempatan memaparkan materinya sesuai tugas dan fungsinya.

Pemateri pertama dalam rapat tersebut Dandim 0904/TNG Letkol M.Nasrulah Nasution, mengatakan, TNI siap membantu KPU Paser dalam pengiriman logistik pemilu.

"Kami sudah memetakan daerah-daerah yang sulit medannya untuk pengiriman logistik pemilu," kata Nasution.

Untuk pengiriman logistik pemilu kata dia, Kodim 0904/TNG  sudah menyiapkan personilnya.

"Intinya TNI siap membantu menyukseskan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Paser," ujar Nasution.

Sekretaris KPU Paser, Siti Herminasih menghimbau masyarakat yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap segera melapor ke kantor KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Bagi warga yang tidak terdaftar dalam DPT akan dimasukan dalam daftar pemilih khusus," kata Herminasih.

Pencatatan daftar pemilih khusus ini kata dia, berakhir 14 hari sebelum hari pemungutan suara.

Sementara Wakil Bupati Paser HM. Mardikansyah mengajak semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi mensukseskan penyelenggaraan pemilu.

"Pemilu adalah tanggungjawab kita bersama," katanya.

Pada kesempatan itu, Mardikansyah mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sesuai hati nuraninya..

"Gunakan hak pilih sesuai hati nurani, jangan golput karena suara anda menentukan nasib bangsa," ungkap Mardikansyah  (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014