Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, menerima penghargaan kategori Program Desa Wisata dalam ajang Merdeka Awards 2023, yang diterima Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang di Jakarta.

Wakil Bupati Kasmidi Bulang menyampaikan penghargaan itu sebagai bukti kinerja positif yang telah dicapai dan juga sekaligus mendorong semua pihak untuk terus termotivasi dalam upaya pembangunan lebih lanjut.

"Kami atas nama masyarakat Kutai Timur mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Para kades semuanya terima kasih. Ini membuktikan kinerja kita. Mari kita termotivasi dari ini untuk bisa lebih maju lagi," katanya dalam keterangannya di Samarinda, Kaltim, Kamis.

Ia mengatakan bahwa kepala desa beserta perangkat desa lainnya memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola dan mengembangkan desa wisata. Mereka berkontribusi secara strategis dalam memajukan sektor tersebut.

"Pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah menunjukkan perhatian serius terhadap pengembangan desa wisata sebagai sarana untuk meningkatkan perekonomian desa dan menciptakan ekosistem desa yang lebih mandiri," jelas Kasmidi.

Wabup menambahkan di Kabupaten Kutai Timur, sudah ada delapan desa yang telah diubah menjadi destinasi wisata yang menarik, yakni Desa Wisata Pulau Miang, Desa Wisata Sekerat, Desa Wisata Benua Baru, Desa Wisata Miau Baru, Desa Wisata Nehes Lia Bing, Desa Wisata Singkama, Desa Wisata Sanggata Selatan, dan Desa Singa Gembara.

"Penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam ajang Merdeka Awards 2023 untuk Program Desa Wisata ini merupakan bukti nyata komitmen dalam mengembangkan potensi pariwisata lokal," kata Kasmidi.

Dengan peran strategis kepala desa dan perangkat desa, serta perhatian penuh dari pemerintah, harapannya adalah pengembangan desa wisata akan membantu mendorong perekonomian desa dan menciptakan ekosistem yang lebih mandiri untuk keberlanjutan masa depan.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023