Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) mengirimkan 16 orang sebagai delegasi pada Kongres Perpustakaan dan Informasi Dunia dalam peringatan International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA) ke- 88 tahun 2023 di Rotterdam Belanda.

Pada kongres yang diikuti para pengelola dan pustakawan se-dunia tersebut Delegasi Kaltim dipimpin Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, didampingi Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim Muhammad Syafranuddin, Sekretaris DPK Kaltim, Deslan Nispayani, dan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Taufik.

“Semua delegasi Kaltim sudah bergabung dengan Delegasi Indonesia yang dipimpin Kepala Perpustakaan Nasional Bapak Muhammad Syarif Bando untuk mengikuti pembukaan dan seluruh rangkaian acara," kata Kepala DPK Kaltim Muhamamad Syafranuddin dari Rotterdam melalui keterangan tertulis di Samarinda, Jumat.

Ia menambahkan acara dibuka Presiden IFLA Barbara Lison pukul 10.00 Waktu Belanda dengan diikuti lebih 2.500 orang.

“Bagi kami, mengikuti IFLA t2023 merupakan kali pertama dan sangat penting dalam pengembangan perpustakaan di Kaltim kedepannya,” Syafranuddin.

Selama di Belanda, kata dia, Delegasi Kaltim akan mendalami pengelolaan perpustakaan.

“Kami akan mendalami pengelolaan perpustakaan di beberapa negara, karena dalam diskusi antarpnegara akan dilakukan pembicaraan–pembicaraan terkait pengalaman sejumlah negara dalam mengelola perpustakaan,” ujarnya. 

Sebelumnya Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan partisipasi daerahnya mengikuti kegiatan internasional ini untuk menambah pengalaman dan pengetahuan pengembangan program perpustakaan.

"Melalui momen ini, pengembangan perpustakaan di Kaltim diharapkan semakin baik dan bermanfaat," ucapnya. 

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023