Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur membuat inovasi untuk memancing masyarakat mengurus kartu identitas anak (KIA), yakni pemilik KIA mendapat potongan harga ketika masuk ke tempat wisata, taman bermain anak, rumah makan, dan lainnya.

"Keuntungan yang didapat dengan KIA, yaitu berbagai potongan di destinasi wisata Samarinda dan berlaku untuk pemilik KIA se-Provinsi Kaltim," kata Kabid Fasilitasi Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Sulekan di Samarinda, Rabu.

Potongan harga tersebut diperoleh karena pihaknya telah menjalin kerja sama sama dengan pelaku usaha, dituangkan dalam perjanjian kerja sama antara DKP3A Provinsi Kaltim dan pelaku usaha.

"Pelaku usaha yang telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pemanfaatan KIA adalah Taman Salma Shofa Samarinda dan Mahakam Lampion Garden (MLG) Samarinda," ujarnya.

Sulekan menjelaskan manfaat KIA adalah untuk memenuhi hak anak, persyaratan mendaftar sekolah, bukti diri anak sebagai data identitas ketika membuka tabungan atau menabung di bank, juga berlaku untuk proses mendaftar BPJS dan lainnya.

Baca juga: Kepemilikan Kartu Identitas Anak di Provinsi Kaltim capai 67,53 persen

Berdasarkan laporan dinas dukcapil kabupaten/kota se-Kaltim per 31 Juli 2023, kata dia, total kepemilikan KIA di provinsi ini sebanyak 709.435 anak dari dari total anak 0—16 tahun sebanyak 1.164.183 atau tercapai 61,57 persen.

"Ini berarti masih ada sebanyak 445.882 atau mencapai 38,43 persen anak Kaltim yang belum memiliki KIA. Oleh karena itu, kami mengimbau orang tua segera mengurus karena manfaatnya sangat banyak," ujarnya.

Disadari bahwa tingkat kepemilikan KIA di Kaltim belum optimal walaupun secara target nasional pada tahun 2023 sebesar 50 persen telah tercapai, tetapi dia belum puas karena seharusnya cakupan kepemilikan KIA bisa lebih optimalkan lagi.

Tantangan kepemilikan KIA yang belum optimal, lanjut dia, adalah karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk mengurus KIA, sosialisasi pentingnya kepemilikan KIA belum optimal, termasuk layanan terintegrasi di dinas dukcapil di kabupaten/kota yang belum maksimal.

"Layanan terintegrasi yang belum maksimal itu seperti  warga mengurus akta kelahiran anak maka akan mendapat paket layanan 3 in 1, yakni KK baru, akta kelahiran anak, dan KIA," kata Alek, sapaan akrabnya.

Baca juga: Mahulu cetak 1.000 kartu identitas anak

Pewarta: M. Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023