Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemprov Kalimantan Timur akan mencanangkan gerakan tertib berlalu lintas pada 2 Februari 2014 yang dipusatkan di lapangan parkir GOR Segiri Samarinda dengan melibatkan ribuan siswa, mahasiswa, SKPD, dan masyarakat umum.

"Tertib berlalu lintas itu sangat penting, karena itu pencanangan gerakan itu harus melibatkan ribuan masyarakat, kemudian TNI/Polri, dan unsur masyarakat lain," ujar Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Samarinda, saat memimpin rapat persiapan pencanangan itu di Samarinda.

Rapat tersebut dihadiri unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kaltim seperti dari Polda Kaltim, Korem 091/ASN, Kodim 0901 Samarinda, dan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim.

Dalam kesempatan itu gubernur meminta Dinas Pendidikan Kaltim untuk dapat menghadirkan 3.000 pelajar dan mahasiswa, tujuannya adalah agar mereka bisa memahami pentingnya berlalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan keselamatan pengguna jalan lain.

Sedangkan 3.000 massa dari pelajar dan mahasiswa itu adalah 1.000 siswa SMP, 1.000 siswa SMA dan yang sederajat, kemudian 1.000 orang mahasiswa yang ada di Samarinda.

Dalam kesempatan itu gubernur juga mengimbau masing-masing SKPD agar menyiapkan doorprize satu unit bagi mereka yang hadir untuk menarik minatr masyarakat hadir dalam acara penting untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas tersebut.

Bahkan dia menghendaki agar ke depan di Provinsi Kaltim tidak ada lagi terjadi kecelakaan lalu lintas, karena akibat yang ditimbulkan dari kecelakaan lalu lintas sangat fatal, yakni selain kerugian material berupa kendaraan yang rusak juga bisa berakibat hilangnya nyawa.

Dalam upaya mencapai tujuan tidak ada lagi angka kecelakaan lalu lintas, maka pada 2 Februari 2014, dia juga meminta para bupati dan wali kota di Kaltim untuk menggelar aksi yang sama, yakni pencanangan gerakan tertib lalu lintas.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Zairin Zain yang dalam rapat itu langsung ditunjuk gubernur sebagai ketua panitia penyelenggara, mengaku siap dan akan berkoordinasi dengan semua pihak terkait guna suksesnya acara tersebut.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014