Sangatta (ANTARA Kaltim)- Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, mencanangkan gerakan pelopor keselamatan berlalu lintas di Waduk Maulana, Jalan Pendidikan Sangatta Utara, Minggu.

Pencanangan gerakan pelopor keselamatan oleh Wakil Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman sekitar pukul 07.00 Wita itu, diawali dengan senam sehat bersama, pelepasan balon gas, dan penandatanganan komitmen bersama, serta pembacaan ikrar keselamatan bersama.

Ardiansyah Sulaiman mengatakan Pemkab Kutai Timur mendukung dan mengapresiasi gerakan itu karena setempat salah satu daerah di Kaltim yang angka kecelakaan berlalu lintas cukup tinggi.

"Pemkab mendukung upaya kepolisian untuk meningkatkan ketaatan pengendara saat di Jalan Raya Sangatta. Korban kecelakaan lalu lintas sudah banyak," katanya di depan ratusan komunitas motor dan mobil yang menghadiri acara itu.

Ia mengatakan sudah banyak korban kecelakaan lalu lintas sehingga saatnya upaua menekan angka kecelakaan tersebut dengan memulai mengajak secara terus menerus pengguna jalan dan pengemudi untuk tertib dan patuh terhadap aturan.

Ia mengatakan tingginya angka kecelakaan yang terjadi setiap tahun di daerah setempat karena banyak hal di antaranya yang paling menonjol adalah kesalahan manusia.

"Tak taat rambu-rambu yang ditentukan akibatnya menjadi korban," katanya.

Kepala Polres Kutai Timur AKBP Edgar Diponegoro mengatakan gerakan pelopor keselamatan berlalu lintas itu, secana nasional

"Gerakan pelopor keselamatn berlalu lintas ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia dan dicanangkan mulai Mabes Polri melalui polres masing masing," katanya di sela acara itu, dengan di dampingi Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kutai Timur AKP Sigit Harimbawan.

Pada kesempatan itu, ia meminta pengguna jalan untuk patuh dan mengikuti peraturan saat berlalu lintas.

"Mempersiapkan Surat Ijin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), serta menaati rambu-rambu yang ada dan tidak kebut-kebutan," katanya.

Kegiatan lain dalam pencanangan gerakan pelopor keselamatan berlalu lintas yang juga dihadiri Dandim 0909 Sangatta Letkol Andi Gunawan, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Sigit Santoso, Kadis PU Aswandini Eka Tirta, Kepala Satpol PP Sarwono Hidayat, serta pejabat lainnya, yakni sosialisasi safety riding, uji ketangkasan berkendara roda dua dan roda empat.(*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014