Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim mengapresiasi kontribusi masyarakat Benua Etam untuk meningkatkan literasi melalui sumbangan buku. 
 
"Dalam seminggu, terdapat tiga hingga lima orang yang menyumbangkan buku ke DPK Kaltim di Samarinda," ujar Pustakawan DPK Kaltim Patimah Irny di Samarinda, Senin.
 
Patimah mengatakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menargetkan perolehan 20 judul buku dalam satu tahun melalui sumbangan dari masyarakat.
 
Penyerahan buku oleh masyarakat, lanjutnya, sesuai dengan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang serah simpan Karya Cetak Karya Rekam.
 
Meskipun peraturan tersebut lebih menekankan pada penerbit, banyak penulis asal Kalimantan Timur yang menghasilkan karya buku.

Baca juga: Siswa dan guru SD Samarinda luncurkan 18 buku

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim berharap dapat menghimpun karya-karya tersebut agar diperkenalkan kepada petugas pustaka dan masyarakat melalui perpustakaan mereka.
 
"Mudahan-mudahan pada masa depan, penulis dari Kalimantan Timur memberikan perhatian pula terhadap perpustakaan dan memperbanyak jumlah buku mereka untuk masa depan," katanya.
 
Patimah mengatakan instansinya terbuka menerima sumbangan buku dari masyarakat meskipun terdapat buku yang disumbangkan dalam kondisi rusak ringan hingga sedang. Para pustakawan di dinas itu akan melakukan reparasi atau perbaikan agar buku-buku tersebut bisa dibaca dalam kondisi yang layak.
 
Menurut data dari DPK Kaltim, perpustakaan mereka memiliki koleksi hingga 45.000 judul buku. Sebanyak 17.116 buku di antaranya merupakan koleksi e-book. Jenis buku yang tersedia meliputi karya umum, agama, bahasa, ilmu terapan, sastra, fiksi, dan koleksi perpustakaan keliling.

Baca juga: DPK Kaltim bantu 56.240 buku untuk perpustakaan desa

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023