Samarinda (ANTARA Kaltim)-Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Timur melakukan penggalangan suara pemilih untuk Pemilu Legislatif 2014 dari segala lapisan masyarakat termasuk juga pedagang asongan yang berada di wilayah Kota Samarinda.

Calon anggota DPR RI Partai Nasdem Dapil Kaltim Harbiansyah Hanafiah menggelar pertemuan dengan puluhan pedangang asongan yang berjualan di wilayah Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu.

"Saya tidak akan menjanjikan hal-hal yang muluk kepada bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, saya hanya ingin aktivitas dan pekerjaan anda sekalian bisa terus eksis, dan kalau bisa mendatangkan penghasilan yang lebih besar," katanya.

Menurut dia, para pedagang asongan merupakan bagian dari lapisan masyarakat bawah yang perlu diperhatikan, bukan hanya soal legalitas mereka untuk berjualan saja, namun mereka juga harus terlindungi dari komunitas orang-orang kuat yang ingin memperdaya mereka.

Salah satu bukti, menurut Harbiasnyah, adalah ketika para asongan tersebut berjualan di Stadion Segiri, mereka sempat dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu dalam akitifitasnya.

"Kasihan juga, mereka masyarakat susah, seharusnya perlu dibantu, bukan dimanfaatkan," ujarnya.

Koordinator pedagang asongan Stadion Segiri Imam mengakui selama ada Pak Harbiansyah (pemilik klub Persisam), para pedagang asongan diberikan kemudahan untuk mengais rezeki.

"Sekarang sudah tidak ada pungutan liar (pungli), dan kami juga bebas untuk berjualan apapun, tanpa ada titipan dari orang-orang tertentu," katanya.

Senada dengan Imam, pedagang asongan lainnya Joko Riyanto mengaku bisa kredit mobil, karena diberikan kemudahan oleh Pak Haji sapaan Harbiansyah Hanafiah.

"Kami bersyukur, dan mudah-mudahan beliau (Harbiansyah) selalu diberikan kemudahan dalam urusannya, termasuk dalam pencalonannya sebagai calon DPR RI," kata Joko.  (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014