Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menilai generasi muda menjadi motor penggerak utama sektor ekonomi kreatif sehingga berpotensi menambah lapangan kerja baru di daerah.

"Sektor ekonomi kreatif memiliki banyak peluang yang bisa dikembangkan dan hasilnya bisa langsung dirasakan,"  jelas Ketua Hipmi Kabupaten Penajam Paser Utara, Sayyid Hasan di Penajam, Sabtu.
 
Sektor ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan di Kabupaten Penajam Paser Utara antara lain kuliner, kriya, musik, desain grafis dan desain interior, seni pertunjukan, fesyen, serta kegiatan lain.
 
Sayyid Hasan mendorong agar generasi muda juga mengembangkan sektor pariwisata yang terkait dengan ekonomi kreatif.

"Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki beragam potensi pariwisata bahari, bakau (mangrove) dan goa," katanya.
 
Apalagi dengan keberadaan ibu kota negara Indonesia, Nusantara, menurut dia, sektor pariwisata berpeluang lebih besar membawa dampak positif perekonomian masyarakat.
 
Sayyid Hasan mengatakan generasi muda harus mendapat dukungan dari berbagai pihak agar punya daya saing seperti pemberian program pengembangan sumber daya manusia maupun modal usaha.
 
"Harus ada sinergi antara pemerintah kabupaten dengan generasi muda untuk mengembangkan sektor kreatif yang dapat gerakkan ekonomi daerah,' ujarnya.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023