Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dsdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, melakukan percepatan rehabilitasi sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Kepala Bidang Sarana Prasarana Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Syamsul Adha di Penajam, Kamis mengatakan, dalam tahun 2023 SD Negeri 026 Penajam sedang dalam pengerjaan rehabilitasi total.
 
Biaya rehabilitasi SD Negeri 026 tersebut lebih kurang Rp15,5 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD kabupaten 2023.

SD Negeri 026 yang berlokasi di Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam direhabilitasi menjadi bangunan gedung dua lantai dan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya..
 
"SD Negeri 026 Penajam akan dijadikan percontohan untuk rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah lainnya," ujarnya.
 
Bangunan gedung sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara kebanyakan berusia sekitar 20 tahun, sehingga memerlukan peremajaan atau rehabilitasi bangunan.
 
Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan identifikasi terhadap terhadap bangunan gedung sekolah yang akan dilakukan rehabilitasi total pada tahun depan.
 
Setelah SD Negeri 026 Penajam, jelas dia, akan dilakukan rehabilitasi bangunan gedung sekolah lainnya dan sedang dilakukan pendataan kondisi bangunan gedung sekolah untuk menentukan seolah mana yang menjadi prioritas untuk dilakukan rehabilitasi total pada tahun depan.
 
Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara memprogramkan melakukan minimal.dua rehabilitasi total bangunan gedung sekolah setiap tahun.
 
Namun, kata Syamsul Adha, tidak menutup kemungkinan apabila anggaran mencukupi akan dilakukan tiga atau empat rehabilitasi total bangunan gedung sekolah dalam satu tahun.
 
Program rehabilitasi total bangunan sekolah tersebut dengan konsep desain penuh dibarengi dengan pengadaan perabot sekolah (mebeler), sehingga setelah selesai bisa langsung difungsikan.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023