Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kutai Barat menggelar program bernama Satlantas "Tama Lam Kampong" alias polisi lalu lintas masuk kampung terutama yang jauh dari ibu kota kabupaten yang berada di pedalaman Kalimantan Timur itu.


“Kami berkunjung khusus ke satu kampung dan berbagi keterampilan dan pengetahuan mengemudi kepada masyarakat,” jelas Kepala Satlantas Ajun Komisaris Polisi (AKP) Budi Witikno, Jumat.  

Kemudian, kalau sudah yakin dan terampil mengemudi, termasuk mengerti rambu-rambu lalu lintas maka dapat ikut ujian untuk mendapatkan SIM di Polres Kubar di Barong Tongkok.

Bagi kampung-kampung yang jauh dari Barong Tongkok, Satlantas Tama Lam Kampong juga memberi pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Bila ada masyarakat yang perlu SIM, dapat hadir di Satlantas Tama Lam Kampong, mendaftar dan ikut ujian, termasuk ujian praktik keterampilan mengemudi di kampung lokasi acara. dan bila lulus, maka yang bersangkutan akan mendapatkan SIM. Kemudian SIM-nya bisa diambil di Polres Kubar di Barong Tongkok.  

AKP Budi menuturkan, kegiatan perdana Tama Lam Kampong dilakukan di Kampung Gadur Kecamatan  Melak pada Februari lalu. Slogan Tama Lam Kampong diambil dari bahasa Kutai yang artinya ‘silakan masuk dalam kampung, atau welcome.

Kasat Lantas juga menguraikan, bahwa Tama Lam Kampong bekerja sama dengan para Bhabinkamtibmas di wilayah Polres Kubar kemudian Samsat Kubar.   

Dengan kedekatannya pada masyarakat, Bhabinkamtibmas bisa membantu mensosialisasikan kegiatan, termasuk juga mendorong masyarakat untuk punya SIM sebagai tanda ketaatan pada hukum dan tanda keterampilan mengemudi. 

Dengan kemudahan memiliki kendaraan saat ini, terutama roda dua alias motor, maka jumlah pengendara juga bertambah dengan cepat, sebagian dari pengendara tersebut bahkan tidak peduli bahwa untuk mengemudikan motor atau mobil itu perlu latihan.

"Dengan kami langsung datangi kampungnya, kemudian berbagi ilmu dan keterampilan, kami harap masyarakat menjadi lebih bertanggungjawab saat berkendara," kata Kasat Lantas.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023