Sebanyak 99 petinggi atau kepala kampung terpilih dilantik oleh Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan, para petinggi terpilih mengucapkan sumpah dan janji dalam pelantikan yang dihelat di Gedung Aji Tulur Jejangkat (ATJ) Pemkab Kubar di Barong Tongkok, Jumat.
 

Ke-99 petinggi ini terpilih melalui pemilu serentak pada 10 Maret 2023 lampau. Pemilu tersebut diikuti 331 calon petinggi dimana 15 calon diantaranya adalah perempuan dan 63 calon adalah incumbent.

Dalam pemilu kampung itu, total ada 42.802 pemilih yang menggunakan hak pilihnya dari 54.720 pemilih yang ada di daftar pemilih tetap, seluruh calon incumbent terpilih kembali dan 3 dari 15 calon perempuan juga terpilih.

Kabupaten Kutai Barat terdiri dari 15 kecamatan yang di dalamnya ada 99 kampung, di kawasan hulu Sungai Mahakam ini, sebutan ‘kampung’ lebih disukai daripada ‘desa’ begitu pula di hulu Sungai Bahau dan di hulu Sungai Mentarang dan Malinau di Kalimantan Utara.

Kepada para petinggi terpilih tersebut Bupati Yapan berpesan, bahwa seorang petinggi punya tugas dan tanggung jawab besar, petinggi diharapkan mampu untuk membangun kampungnya menjadi lebih baik,

Bupati FX Yapan menyematkan tanda jabatan petinggi sebagai tanda yang bersangkutan telah dilantik, diambil sumpah dan janjinya, dan siap mengabdi untuk masyarakat. (ANTARA/taufiq hart)

“Apalagi anda semua punya janji kampanye yang harus diwujudkan,” kata Bupati Yapan. Artinya kepentingan rakyat umum di atas kepentingan pribadi.

Bupati juga minta agar para petinggi berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten, Bupati juga menggarisbawahi pengelolaan keuangan kampung harus sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi pemerintah dan sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

Pada kesempatan ini juga disosialisasikan hal fungsi dan tugas seorang petinggi sebagai penyegaran pada mereka yang terpilih kembali dan panduan bagi para petinggi baru.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023