Puluhan anggota Pramuka Saka Bahari dari Kwarcab Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, turut membantu pelayanan mudik dan balik Lebaran 2023 di Pelabuhan Feri Penajam.

Supervisi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Pelabuhan Penajam Cabang Balikpapan Radmiadi di Penajam, Kamis, mengatakan selama 22-25 April 2023 sebanyak 21 anggota Pramuka ikut membantu pelayanan posko terpadu di pelabuhan.

Anggota Saka Bahari membantu melayani penumpang kapal feri yang berjalan kaki, terutama yang membawa anak kecil dan barang, serta mengarahkan kendaraan roda dua dan empat di jalur atau pintu masuk Pelabuhan Feri Penajam.
 
Mereka juga mengarahkan pengguna jasa kapal feri yang belum mempunyai kartu pembayaran e-money, karena di Pelabuhan Feri Penajam menerapkan sistem pembelian tiket dengan pembayaran non-tunai.
 
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meminjamkan kartu e-money kemudian penumpang kapal feri membayar tunai kepada petugas, kata dia, sebagai upaya memperlancar arus mudik dan balik Lebaran serta untuk memberikan pelayanan maksimal.
 
Anggota Pramuka Saka Bahari, tambah dia, ikut merapikan atau mengatur antrean penumpang kapal feri yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat di pelabuhan.

Sebanyak tiga kakak pembina mendampingi para anggota Pramuka Saka Bahari dari Kwarcab Kabupaten Penajam Paser Utara itu membantu pelayanan arus mudik dan balik Lebaran di Pelabuhan Feri Penajam.
 
Kegiatan ikut membantu memperlancar arus mudik dan balik Lebaran tersebut, kata dia, sebagai bukti nyata Pramuka dalam berbagai aspek.
 
Kegiatan membantu pelayanan kepada penumpang kapal feri tujuan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kariangau, Kota Balikpapan selama arus mudik dan balik Lebaran 2023 merupakan bukti nyata Karya Bakti Pramuka.
 
PT Angkutan ASDP Indonesia Ferry terbantu dengan kegiatan Karya Bakti Pramuka Posko Pelabuhan Lebaran 2023, selama empat hari membantu penumpang di Pelabuhan Feri Penajam.
 
"Kami sangat berterima kasih atas bantuan anggota Pramuka Saka Bahari dengan ikut berikan pelayanan dan lancarkan arus mudik dan balik di Pelabuhan Feri Penajam," ucap Radmiadi.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023