Kepala Terminal Tipe A Samarinda Seberang, Kalimantan Timur (Kaltim) Heriyawan menerangkan arus mudik di lokasi yang biasa disebut Terminal Banjar saat ini berjumlah 418 penumpang, baik itu yang berangkat mau pun yang tiba.
 
"Hari ini arus penumpang di Terminal Samarinda Seberang sebanyak 418 orang, mengalami penurunan dibandingkan kemarin sebanyak 552," ujar Heriyawan di Samarinda, Kamis.
 
Ia memaparkan, saat ini jumlah bus rute Samarinda-Banjarmasin yang diberangkatkan sebanyak 15 armada, sedangkan jumlah bus yang tiba yakni 13 bus.
 
Lanjutnya, jika dirinci, tercatat 294 penumpang yang berangkat dari Terminal Samarinda Seberang jurusan Banjarmasin, dan sebanyak 124 penumpang yang tiba di terminal untuk kedatangan penumpang dari Banjarmasin.
 
"Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah pemudik yang berangkat ke Kalimantan Selatan lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang datang ke Samarinda," ucap Heriyawan.
 
Ia menjabarkan, selama dua hari belakangan ini memang ada peningkatan jumlah penumpang, yang mana salah satu faktornya dipengaruhi dengan bertepatan cuti bersama.
 
Untuk armada bus yang diturunkan saat ini berasal dari tiga perusahaan otobus (PO), yakni PO Samarinda Lestari, PO Pulau Indah Jaya, dan Perum DAMRI, dengan fasilitas bus terdiri dari 44 kursi, air conditioner (AC) dan juga didukung toilet di dalamnya.
 
Lanjutnya, untuk keberangkatan bus rute ke Banjarmasin, terbagi menjadi beberapa shift, mulai dari pukul 10.00 WITA , shift ke dua pukul 13.30 WITA, shift ke tiga pukul 14.30 WITA, shift ke empat pukul 15.30 WITA dan shift ke lima pukul 16.30 WITA . Namun jika ada penambahan penumpang , ada kemungkinan jadwal tambahan di pukul 17.30 WITA.
 
Dikatakannya, penumpang dari Samarinda per hari pada musim mudik tersebut memungkinkan full hingga 500-700 penumpang, pada saat singgah di Terminal Bus Kelas A Balikpapan, sebelum lanjut berangkat ke Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Pelabuhan Ferry Kariangau.
 
“Untuk harga tiket bus rute Samarinda ke Banjarmasin seharga Rp300 ribu per orang, itu sudah dilengkapi dengan pelayanan asuransi Jasa Raharja,” kata Heriyawan.
 
Lebih lanjut, ia menyampaikan, Terminal Kelas A Samarinda Seberang senantiasa mengedepankan kenyamanan dan keselamatan penumpang, dengan selalu melakukan pengecekan bus satu atau dua jam sebelum keberangkatan, mulai dari kondisi ban, mesin, area dalam, kondisi AC, toilet, dan juga hal-hal lain sesuai dengan standar operasional prosedur yang wajib dilakukan PO di terminal.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023