Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser menginstruksikan puskesmas yang berada di jalur mudik tetap membuka pelayanan selama libur Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

"Instruksi tersebut mengacu pada Surat Edaran Kemenkes Nomor :  HK.02.02/D/4903/2023 tentang kesiapsiagaan menghadapi arus mudik dan libur Hari Raya Idul Fitri 1444," kata  Kepala Dinkes Paser, dr. I Dewa Made Sudarsana, di Tanah Grogot, Selasa.. 

Ia mengatakan, Puskesmas khusus yang berada di jalur utama yang dilalui masyarakat pemudik tetap melakukan pelayanan kesehatan mulai 19 - 25 April.

Dewa menjelaskan, untuk puskesmas rawat jalan agar membagi pelaksanaan pelayanan menjadi dua shift, pagi dan sore. Puskesmas rawat jalan antara lain Puskesmas Tanah Grogot, Senaken, Padang Pangrapat, Pasir Belengkong, Suatang Baru, dan Kerang.

 “Shift kerja terdiri dari  dokter, perawat, bidan dan sopir masing-masing satu orang,” kata Dewa.

Lanjutnya untuk Puskesmas rawat inap tetap melakukan pelayanan kesehatan dengan tim seperti biasa. 

Ia meminta kepada masing-masing Puskesmas untuk siap siaga dan segera  berkoordinasi dengan pihak kepolisian maupun Dinas Perhubungan. 

“Agar disiapkan pos pelayanan terpadu di lokasi rawan kecelakaan maupun lokasi padat wisata, “ katanya.

Dewa menjelaskan, untuk kegiatan pelaksanaan pelayanan kesehatan dalam kurun waktu ini akan dibebankan pada APBD Kabupaten Paser 2023, sesuai dengan surat keputusan Bupati Paser, tentang pembiayaan juga lembur di Puskesmas pada hari raya Idul Fitri yang akan dibayarkan full 24 jam. 

“Kami minta Puskesmas yang melakukan pelayanan selama mudik lebaran ini dapat melaporkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada mudik dan libur hari raya Idul Fitri melalui http://link.kemenkes.go.id/mudikidulfitri 2023,” ucap  Dewa.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023