Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, mengimbau agar pemudik Lebaran 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah mewaspadai cuaca buruk dan titik rawan bencana di daerah itu.
 
"Kami imbau pemudik lebih baik istirahat dan hentikan perjalanan jika terjadi hujan deras disertai angin kencang," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Budi Santoso di Penajam, Minggu.
 
Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi agar waspada menghadapi cuaca buruk, peluang cuaca buruk itu berlangsung sore dan malam hari.
 
Diharapkan pemudik dapat waspada dan mematuhi imbauan menyangkut cuaca buruk agar tidak menimbulkan kecelakaan diperjalanan.
 
"Kami selalu sampaikan imbauan kepada pemudik agar waspada bila terjadi cuaca buruk itu," ujarnya.
 
"Cuaca buruk pada peralihan musim rawan potensi terjadi bencana seperti longsor, banjir dan pohon tumbang," tambahnya.
 
Masyarakat yang melakukan mudik Lebaran, lanjut dia, juga diimbau untuk selalu waspada saat melintas di titik rawan bencana di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara terdapat sejumlah titik rawan kebencanaan ketika terjadi hujan lebat disertai angin kencang.
 
BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara selalu sigap selama 24 jam untuk antisipasi terjadinya bencana alam di seluruh wilayah di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara juga menambah personel dengan menggandeng unsur relawan untuk terus siaga di Markas BPBD untuk mengantisipasi segala bencana yang terjadi.
 
"Kami tambah personel dari para relawan untuk siaga agar selalu siap apabila terjadi bencana," jelas Budi Santoso.(Adv)

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023