Sejumlah kegiatan digelar prajurit bersama masyarakat dalam Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-116 di Kecamatan Laham, Kabupaten  Kutai Barat.

"Kampung Laham, Kecamatan Laham, dipilih menjadi lokasi TMMD Ke-116 2023 ini karena sesuai dengan tujuan menyasar daerah tertinggal, terdepan, dan terluar," kata  Komandan Kodim 0912 Kutai Barat Letnan Kolonel Kavaleri (Letkol Kav) Yudhi Prasetyo Purnomo,

Ia mengatakan, Kecamatan Laham berada lebih kurang 2 jam perjalanan speed boat ke arah hulu Sungai Mahakam dari Pelabuhan Tering di Melak.

Dandim Yudhi menuturkan, yang sedang dikerjakan para prajurit bersama masyarakat di Kecamatan Laham adalah peningkatan kualitas jalan menjadi jalan beton atau jalan semen, dan pembangunan markas Koramil Laham.

Kemudian juga ada pelayanan kesehatan berupa sosialisasi program Keluarga Berencana (KB), pencegahan stunting (kekerdilan pada anak), termasuk penyuluhan bahaya narkoba.

Selanjutnya, sosialisasi  bela negara dan wawasan kebangsaan, bahaya korupsi, serta pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Kami juga bekerjasama dengan kepolisian dari Polsek Laham,” kata Dandim.

Menurutnya, harapan  dari TMMD Ke-116  juga kelancaran perekonomian. Jalan yang diperbaiki kualitasnya itu diyakini akan mempercepat pengangkutan kakao, komoditas utama Laham saat ini, dan lebih memudahkan lagi transportasi logistik.

“Jadi ini juga untuk menunjang ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Dandim Yudhi Prasetyo.

Yudhi menjelaskan, kegiatan TMMD di Kampung Laham  berlangsung hingga 9 Mei 2023 mendatang dan dimulai pada 1 April lalu. Sebelumnya di bulan Maret sudah ada kegiatan Pra TMMD.

Diketahui Kecamatan Laham berpenduduk 2300 orang lebih di dominasi dari etnis suku Dayak Kenyah dan Benuaq. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023