Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Paser menambah perangkat perekaman KTP elektronik (KTP-el) untuk pelayanan administrasi kependudukan keliling ke kecamatan maupun desa.

"Kami sudah mengadakan tiga perangkat perekaman baru untuk perekaman  KTP-el dan Kartu Identitas Anak di kecamatan,” kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Paser, Budi Santoso, di Tanah Grogot, Kamis.

Ia menerangkan, perangkat tersebut bisa digunakan pemerintah desa maupun kecamatan yang ingin melakukan pelayanan administrasi kependudukan.

Menurutnya, perangkat tersebut sifatnya pinjam pakai, ketika  kegiatan pelayanan sudah selesai, bisa difungsikan untuk pelayanan keliling ke kecamatan lain.

Untuk pinjam pakai, kata dia, pihaknya berkonsultasi dengan petugas teknis untuk regulasi pinjam pakainya, supaya tertib.

Pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el, lanjut Budi, secara intensif terus dilakukan Disdukcapil di kecamatan, hanya saja kegiatan tersebut terhenti selama bulan Ramadan ini.

“Pelayanan tetap berjalan, cuma dalam bulan puasa  atau Ramadhan ini ditiadakan sementara. Nanti habis lebaran kita lanjut lagi,” ujarnya.

Budi menegaskan, selama Ramadhan Disdukcapil Paser meniadakan kegiatan pelayanan keliling. Saat ini Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan sedang menyusun buku profil perkembangan kependudukan tahun 2023.

Sementara  Kabid Pelayanan Pendaftaran pada Disdukcapil Paser, M. Ari Padriansyah.menambahkan bahwa kegiatan perekaman KTP-el ke sekolah-sekolah yang sudah dijalankan Disdukcapil saat ini sudah menyasar 1.600 siswa. Mereka adalah pemilih pemula yang diperhitungkan memiliki hak pilih pada Pemilu serentak 2024.

Disdukcapil Paser menargetkan perekaman 6.000 KTP Elektronik (KTP-el) warga yang terdaftar sebagai pemilih pemula pada Pemilu serentak 2024.

“Kami mendapatkan daftar warga Paser  dari pemerintah pusat (Kemendagri ), yang dikategorikan sebagai pemilih pemula pada pemilu 2024, " kata Ari Padriansyah.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023