Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Jaya Hartono kembali dipercaya melatih Persiba Balikpapan untuk musim Indonesia Super League 2014 mendatang, karena pelatih ini sukses membawa Persik Kediri juara Liga Indonesia musim Ke-8 tahun 2002.

Sekretaris Umum Persiba Balikpapan Irfan Taufik di Balikpapan, Kamis, mengatakan, Jaya dikontrak untuk satu musim kompetisi, menggantikan seniornya, Herry Kiswanto.

"Musim lalu, Jaya melatih Persiram Raja Ampat. Jaya akan tiba ke Balikpapan pekan depan. Sebelumnya Jaya pernah menjadi arsitek bagi Beruang Madu di tahun 2005-2006," katanya.

Ia mengatakan, Jaya "berjaya" membawa Pasukan Biru menembus 5 besar di klasemen akhir Divisi Utama Liga Indonesia.

"Jaya Hartono tinggal tandatangan kontrak dalam waktu dekat ini. Setelah itu, kami segera bertemu untuk membahas program dan target Persiba musim depan,," kata Irfan.

Sesuai jadwal juga, Jaya yang merupakan pelatih kelahiran Medan 20 Oktober 1963 akan memimpin latihan perdana 12 Desember ini. Jaya mengungkapkan kegembiraannya kembali ke Balikpapan.

"Ketika saya ke Persiba tahun 2005, Persiba baru saja promosi dari Divisi I ke Divisi Utama, dan bisa menuntaskan musim di peringkat lima. Saya rasa saat itu, pencapaian itu cukup bagus. Pencapaian itulah yang menjadi tolok ukur bagi target saat ini," katanya.

Karena itu Jaya Hartono juga merasa tidak akan kesulitan menyesuaikan diri dengan pengurus dan suporter Beruang Madu.

"Ia berjanji memberikan yang terbaik bagi publik sepakbola Balikpapan. Keputusan mengontrak kembali Jaya Hartono diambil pengurus dalam rapat Rabu (4/11) petang," katanya.

Menurut Irfan, Jaya figur yang pas dengan visi dan permainan Persiba yang banyak mengandalkan pemain muda dan sedapat mungkin mengorbitkan pemain hasil binaan sendiri.

Selain Persik dan Persiram, Jaya juga pernah melatih Persija Jakarta dan Deltras Sidoarjo. Dua tim Kaltim lainnya, yakni PKT Bontang dan Persisam Samarinda juga pernah ditukanginya.

Irfan mengatakan, dengan kondisi keuangan Persiba saat ini, Jaya akan dikontrak dulu selama setahun. Klub Indonesia rata-rata belum ditopang finansial yang kuat.

"Namun kita tunggu dulu bagaimana prestasi Persiba. Musim kemarin, Persiba di posisi ke-13. Jika musim mendatang peringkat Persiba bisa bagus, tidak menutup kemungkinan kontrak Jaya akan diperpanjang," kata Irfan Taufik.   (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013