Jabatan Kepala Kepolisian Resort Kota (Kapolresta) Balikpapan diserahterimakan dari Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Thirdy Hadmiarso kepada Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Anton Firmanto di Balikpapan, Selasa.
 

Kombes Thirdy selanjutnya menjadi dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), sedangkan AKBP Anton sebelumnya adalah Wakil Kapolres Bandara Soekarno-Hatta.

Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto memimpin serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Mahakam Polda Kaltim.

Pergantian para pejabat tersebut berdasarkan Telegram Rahasia (TR) Kapolri bernomor ST/498/II/KEP/2023 tanggal 26 Februari 2023.

Dalam Telegram tersebut juga diserahterimakan posisi Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Kaltim, pejabat lama Kombes Indra Lutrianto Amstono mendapat promosi untuk mengisi jabatan Kepala Sub Direktorat I Direktorat Tindak Pidana Tertentu Badan Reserse Kriminal (Kasubdit I Dittipiter Bareskrim) Polri.

Kombes Indra digantikan Kombes Juda Nusa Putra yang sebelumnya menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pidter Bareskrim Polri.  

Pada kesempatan itu, Kapolda menyampaikan serah terima jabatan bertujuan sebagai penyegaran organisasi di jajaran Polda Kaltim dan pengembangan karir bagi pejabat yang dimutasi.

Kapolda juga menyampaikan terima kasih atas dedikasi dan kinerja yang telah ditunjukkan para perwira selama bertugas di Polda Kaltim dan di Polresta Balikpapan.

“Untuk pejabat baru, saya minta bisa segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi Kalimantan Timur,” tuturnya.

Satu hal yang bisa menjadi tugas pertama AKBP Anton Firmanto adalah menangkap kembali 2 tahanan Polresta yang masih buron setelah kabur pada malam tahun baru 1 Januari 2023.

Pada malam itu AL dan OD meloloskan diri dari ruang tahanan Polresta bersama 9 orang lainnya melalui teralis yang digergaji.

Polisi pun bergerak cepat selang tiga hari, sebanyak delapan orang sudah tertangkap kembali. Namun perlu hampir tiga bulan berikutnya bagi polisi untuk mengendus tiga orang tersisa.

Polisi berhasil meringkus RY di Km 38 Samboja, Kutai Kartanegara, pada Kamis 9/3/2023 dan masih terus memburu AL dan OD.

Sebelum Sertijab diawali dengan penandatangan pakta integritas dan disaksikan Wakapolda Kaltim Brigjen Polisi Mujiyono beserta seluruh pejabat utama Polda Kaltim.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023