PMI Provinsi Kalimantan Timur memberikan Edukasi Pencegahan COVID-19 lewat dongeng kepada anak-anak Sekolah Dasar, Taman Pendidikan Al-Qur'an, dan Panti Asuhan di Kota Samarinda.


Kegiatan ini masih dalam rangkaian Program COVID-19 Relief Challenge dukungan oleh Prudential melalui PMI Pusat.

Yayasan Dongeng Kepompong Indonesia menjadi salah satu mitra kerja sama untuk penyampaian Edukasi Pencegahan COVID-19 ini.
 
Dengan metode yang menyenangkan, penggunaan media boneka salah satu cara pendongeng berinteraksi dengan anak-anak.

Mengajak agar selalu melakukan pencegahan COVID-19 dengan cara memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri. 

Penerapan perilaku hidup Bersih dan Sehat Pasca Pandemi serta dapat selalu melakukan kebiasaan-kebiasaan baik mulai dari mencuci tangan, memakai masker,memakan makanan yang bergizi dan juga menjaga kebersihan lingkungan.

“Program ini berlangsung sejak bulan Oktober tahun 2022, dan ditutup bulan Maret 2023 ini,” kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Propinsi Kalimantan Timur, Sayid Irwan.
Edukasi Pencegahan COVID-19 lewat dongeng kepada anak-anak Sekolah Dasar, Taman Pendidikan Al-Qur'an, dan Panti Asuhan di Kota Samarinda. (Antaranews Kaltim/HO/PMI Kaltim)

Dia berharap anak-anak dapat menyimak dan menerapkan, edukasi yang telah diberikan pendongeng tersebut. 

Para pendongeng cerita tentang bagaimana agar terhindar dari virus COVID-19 antara lain rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Menjaga kebersihan badan, menjaga kebersihan lingkungan dan harus makan makanan yang sehat dan bergizi. Jangan jajan sembarangan ya,” tutur Yudi salah satu pendongeng.

“Bersih itu keren, bersih itu hebat, bersih itu sehat” menjadi kata kunci yang diberikan oleh pendongeng.
Edukasi Pencegahan COVID-19 lewat dongeng kepada anak-anak Sekolah Dasar, Taman Pendidikan Al-Qur'an, dan Panti Asuhan di Kota Samarinda. (Antaranews Kaltim/HO/PMI Kaltim)

Salah satu Pengurus TPA menyatakan program edukasi pencegahan COVID-19 ini sangat bermanfaat bagi anak-anak.

Pada tahun-tahun sebelumnya dengan datangnya Palang Merah Indonesia, juga memberikan edukasi ke Taman Pendidikan Al-Qur’an Muhajirin ini, dapat menambah ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak.

Pihaknya berharap program-program dari PMI agar terus ada dan terlaksana supaya informasi-informasi yang belum didapat oleh anak-anak dan masyarakat bisa didapatkan dari PMI.

Pewarta: Abdul Hakim Muhiddin

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023