Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DP3) menggelar vaksinasi rabies gratis buat anjing dan kucing yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke-126 Kota Balikpapan.


"Pastikan juga sudah melakukan registrasi online sebelum mengikuti vaksinasi rabies," kata drh  Mohammad Bisri dari Dinas Pangan, Pertanian, Perikanan, dan Kelautan Kota Balikpapan di Balikpapan, Minggu.

Dikutip dari akun Instagram Pemerintah Kota Balikpapan rencana vaksinasi rabies gratis tersebut digelar pada14-15 Februari 2023.

Adapun lokasi pelaksanaan vaksinasi rabies gratis adalah di Klinik Hewan Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Balikpapan pukul 09.00 0 13.00 Wita.

Alamat Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, Jalan Marsma R. Iswahyudi, Kelurahan Damai Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Diketahui, kucing betina umur 5 bulan sudah bisa hamil, masa hamilnya hanya lebih kurang 58 hari dan sekali melahirkan anak bisa 4, 6, atau bahkan lebih dalam setahun kucing betina bisa hamil 3-4 kali.

"Populasi yang terkontrol dari kucing dan anjing mengurangi risiko penyebaran penyakit rabies,” lanjut drh Bisri.

Rabies disebabkan virus yang hidup antara lain di dalam air liur kucing, anjing, dan monyet yang tertular--dapat berpindah atau menginfeksi hewan lain atau bahkan manusia, melalui luka terbuka.

Kalau kucing atau anjingnya kalem, maka dengan sendirinya juga menurunkan risiko penyebaran itu.

“Maka virusnya berhenti di hewan yang tertular itu saja, yang kemudian biasanya segera mati,” jelas Bisri.

Sama seperti pada hewan-hewan yang tertular, pada manusia, rabies alias penyakit anjing gila menyerang susunan saraf pusat.

Orang yang terkena akan demam, mual, merasakan nyeri di tenggorokan, takut air, takut cahaya, dan memproduksi air liur yang berlebihan.

Bila terlambat ditolong, rabies akan membawa pada kematian.

Pada pertengahan Januari lalu, 40 kucing mendapat vaksinasi rabies, vaksinasi yang membuat mereka kebal dari virus rabies.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023