Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggandeng perusahaan asuransi Prudential dalam membagikan ribuan paket COVID Kit kepada pelajar Samarinda, dengan maksud untuk memacu penerapan pola hidup bersih dan sehat di kalangan siswa.
 
Kepala Markas PMI Kaltim Mesdiono di Samarinda, Kamis, mengatakan pembagian COVID Kit beserta sejumlah peralatan lainnya tersebut telah didistribusikan sejak pekan lalu kepada pelajar dari sejumlah sekolah yang terpilih diantaranya SDN Filial 005 Loa Buah di Desa Loa Kumbar, Kelurahan Loa Buah, Kota Samarinda.

"Pembagian COVID Kit itu juga dalam rangka memasuki fase new normal pasca pandemi COVID-19, yang meski pun sudah masa pandemi, namun masyarakat tetap didorong untuk tetap menjaga kebersihan, kesehatan, sterilisasi bakteri guna menguatkan daya tahan tubuh," ujar Mesdiono.

Menurut dia, melalui dukungan Prudential, PMI Provinsi Kaltim juga mendistribusikan 60 unit alat cuci tangan pakai sabun, 60 unit alat pengukur suhu tubuh dan hand sanitizer.
 
Lanjutnya, penerima manfaat distribusi alat-alat tersebut adalah sekolah-sekolah dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di Kota Samarinda terpilih yang diseleksi melalui penilaian atau asesmen ke sekolah-sekolah secara langsung dengan kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan.
 
"Proses asesmen ke sekolah melibatkan 20 orang relawan KSR dan TSR PMI Kota Samarinda yang telah bekerja sejak bulan Desember 2022", kata Mesdiono.
 
Ia menjelaskan bahwa untuk tahap berikutnya akan didistribusikan 4100 game board edukasi pandemi untuk anak disabilitas, taman pengajaran Al Qur'an serta beberapa sekolah dasar terpilih yang nantinya pada proses distribusi akan melibatkan pendongeng untuk memberikan edukasi penggunaan game board tersebut.
 
Selain itu, juga akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dasar seperti berat dan tinggi badan, kesehatan mata kepada 2500 anak usia SD di Samarinda bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat.
 
"Rangkaian kegiatan itu semua adalah dalam rangka pelaksanaan Program COVID-19 Relief Challenge kerja sama PMI Provinsi Kalimantan Timur dengan Prudential dalam upaya memasuki fase new normal paska pandemi COVID-19," ucap Mesdiono.
 
Diterangkannya, diawal kegiatan, telah dilaksanakan edukasi dan budidaya jahe merah kepada 450 orang anggota dasa wisma di Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Samarinda.
 
"Diharapkan dengan serangkaian kegiatan itu, masyarakat Samarinda khususnya anak2 sekolah dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan baik seperti mencuci tangan dan memakai masker dalam aktivitas sehari-hari," pungkas Mesdino.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023