Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan lampu hijau bakal membangun balai latihan kerja (BLK) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Kemnaker berikan lampu hijau untuk usulan pembangunan BLK," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Penajam Paser Utara, Suhardi di Penajam, Rabu.
 
Pembangunan BLK tersebut merupakan upaya pemerintah meningkatkan sumber daya manusia),  (SDM) khususnya dalam menghadapi pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Sebagian wilayah kabupaten Penajam Paser Utara yang akan menjadi Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara yakni Kecamatan Sepaku.
 
Jurusan pelatihan dalam BLK diharapkan berdasarkan potensi di Kabupaten Penajam Paser Utara, jelas dia, seperti pertanian, perikanan dan peternakan.
 
Dengan meningkatnya sektor pertanian, perikanan dan peternakan ke depan dapat menunjang kebutuhan pangan Kabupaten Penajam Paser Utara maupun ibu kota negara Nusantara.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut dia, menyiapkan lahan sekitar 10 hektare untuk pembangunan balai latihan kerja tersebut.
 
Lahan untuk lokasi pembangunan BLK merupakan lahan milik Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara yang berada di Kecamatan Babulu.
 
Namun, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara belum menghibahkan lahan sebagai lokasi pembangunan balai latihan kerja tersebut kepada Kemnaker.
 
Kemnaker berencana meninjau wilayah yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Kemnaker bakal menentukan lokasi lahan yang tepat untuk pembangunan BLK.
 
"Kemnaker akan lakukan kunjungan kerja meninjau lahan mana yang lebih tepat sebagai lokasi pembangunan balai latihan kerja," kata Suhardi.(ADV)

 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemnaker berikan lampau hijau bangun BLK di Penajam Paser Utara

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023