Wali Kota Samarinda Andi Harun memberikan penghargaan kepada Rukun Tetangga (RT) yang dinilai berhasil mengelola Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya) tahun 2022, dengan penganugerahan Probebaya Award yang diselenggarakan di Hotel Bumi Senyiur Samarinda.
 
"Kami memberikan anugerah Probebaya Award kepada para RT yang berhasil mengelola programnya yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, sebab program ini lahir dari gagasan besar," ujar Andi Harun di Samarinda, Sabtu.
 
Ia memberikan ucapan selamat kepada para pemenang untuk kategori infrastruktur dan non infrastruktur dan diharapkan semakin memberikan manfaat bagi masyarakatnya di lingkungannya tersebut.
 
Adapun pemenang Probebaya Award untuk kategori infrastruktur diraih oleh RT07 Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu. Lalu pemenang kategori non infrastruktur adalah RT43 Kelurahan Sempaja Timur, Kecamatan Samarinda Utara.
 
Kemudian, masing- masing pemenang Probebaya Award kategori infrastruktur dan juga non infrastruktur, mendapatkan hadiah berupa piala dan piagam penghargaan serta dana apresiasi sebesar Rp25 juta dan tambahan dana Probebaya sebesar Rp50 juta. 
 
"Selain pemenang utama, kami juga memberikan anugerah kepada masing-masing nominator yang masuk lima besar di setiap kategori di luar pemenang, dengan penghargaan berupa piagam, uang apresiasi sebesar Rp15 juta dan tambahan dana Probebaya sebesar Rp25 juta," ujar Wali Kota Samarinda.tersebut
 
Terus dikatakannya, beberapa RT yang masuk nominasi di luar pemenang untuk kategori infrastruktur, yakni RT38 Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Samarinda Ilir, RT6 Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota, RT 27 Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, dan RT01 Kelurahan Gunung Panjang, Kecamatan Samarinda Seberang.
 
Kemudian, RT yang masuk nominasi di luar pemenang untuk kategori non infrastruktur, untuk RT21 Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran, RT3 Kelurahan Gunung Lingai, Kecamatan Sungai Pinang, RT20 Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan, dan RT02, Kelurahan Sengkotek, Kecamatan Loa Janan Ilir.
 
Ketua RT43 Kelurahan Sempaja Timur Muhammad Taufik Syam, yang merupakan pemenang Probebaya Award bidang non infrastruktur, mengatakan anugerah ini sebagai motivasi kepada masyarakat RT untuk lebih memperkuat kebersamaan dalam mendukung pembangunan lingkungan.
 
"Probebaya ini adalah program yang luar biasa, di mana kami bisa bergerak lebih cepat dalam menangani persoalan di lingkungan RT, beberapa keperluan RT bisa tertangani seperti CCTV pengaman dan juga hasil karya yang menjual, salah satu karya adalah sprayer anti Hama otomatis (Saho)," ungkap Taufik.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023