Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Timur mengapresiasi sejumlah torehan prestasi yang dicatatkan Pemerintah Provinsi setempat sepanjang tahun 2022.

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud mengungkapkan prestasi yang patut mendapatkan apresiasi yakni kemampuan Pemprov Kaltim dalam menekan inflasi dan menaikkan pertumbuhan ekonomi hingga 3,11 persen. 

"Dalam kondisi pandemi COVID-19 roda perekonomian hampir semua daerah mengalami keterpurukan, namun faktanya Pemprov Kaltim bisa mengatasinya sehingga ini patut mendapatkan apresiasi," kata Hasanuddin Mas’ud di Samarinda, Jumat.

Selain itu, Hasan juga mengungkapkan pertumbuhan ekspor dan investasi di Kaltim telah tercatat sebagai yang tertinggi nomor kedua di Indonesia, setelah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Hasan menambahkan di sektor pajak, Pemprov Kaltim juga mampu menaikkan pendapatan dari pajak kendaraan bermotor dan pajak lainnya di tahun 2022.

"Alhamdulillah banyak prestasi yang bisa dicapai Kaltim selama 2022 di bawah panji-panji kepemimpinan Isran Noor dan Hadi Mulyadi, Kaltim mampu menaikkan penghasilan daerahnya dari pajak kendaraan bermotor dan yang lain,” ujar Hasan.

Dengan sejumlah capaian tersebut, tak heran jika wilayah yang didaulat sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN) ini kemudian memiliki dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 menembus angka senilai Rp17,2 triliun, bahkan total APBD Perubahan 2023, diprediksi mencapai Rp20 triliun.

“Sebetulnya bukan hanya itu yang kita toreh di 2022. Kaltim juga mampu bertahan di masa Pandemi COVID-19 dan meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia),” tambahnya.  

IPM Kaltim tahun 2022 tercatat sebesar 77,44 atau naik 0,56 poin dibanding IPM 2021 sebesar 76,88 dan berada di peringkat ketiga nasional. 

Di sisi lain, pemegang palu Karang Paci ini juga memberikan sejumlah catatan penting meliputi, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur jalan umum di wilayah utara Kaltim yang terus mengalami kemajuan pesat.

“Kami berhatapa pada tahun 2023 ini kinerja Pemprov Kaltim semakin maksimal dalam melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan semua masyarakat,” harapnya.(ADV/DPRD Kaltim)

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023