Polresta Banjarmasin mengerahkan sebanyak
1.100 personel gabungan untuk mengamankan malam tahun baru dengan melakukan patroli skala besar demi menciptakan situasi yang kondusif.

"Kita lakukan cipta kondisi mulai besok dan pada Sabtu (31/12) sore digelar apel gelar pasukan pengamanan malam pergantian tahun," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo saat menyampaikan kesiapan pengamanan tahun baru, Kamis.

Selain personel Polresta, kekuatan pengamanan juga dipertebal dari Polda Kalimantan Selatan dan TNI serta unsur pemerintah kota.

Sabana menyebut patroli keliling kota dilakukan secara intensif mulai pagi, siang dan malam guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Disiapkan pula Tim Backbone yang siaga di markas jika sewaktu-waktu diperlukan segera meluncur ke lokasi sebagai tim pengurai massa (Raimas). 

"Khusus untuk anggota Polsek saya perintahkan juga menjaga keamanan kawasan pemukiman dengan patroli dialogis pada malam pergantian tahun," ujar dia.

Sabana mengimbau masyarakat untuk mematuhi apa yang menjadi ketentuan dari surat edaran walikota terkait momen malam tahun baru.

Termasuk larangan menyalakan petasan, kembang api dan konvoi di jalan raya secara ugal-ugalan.

"Mari kita ciptakan suasana kondusif di Banjarmasin dengan tidak merayakan tahun baru secara berlebihan, lebih baik kita berdoa untuk mensyukuri pencapaian tahun ini dan  harapan kebaikan di tahun depan," kata dia.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022