Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kepala Dinas Kehutanan Kaltim Chairil Anwar mengatakan Program Kaltim Green melalui gerakan "One Man Five Trees" (satu orang menanam lima pohon) sejak 2010 hingga 2013 berhasil mencapai 128 juta pohon di seluruh kabupaten dan kota.

"Kami berharap 2014 akan meningkat lagi. Selain mereboisasi lahan kritis, penanaman ini sangat baik untuk pelestarian lingkungan, khususnya untuk mengembalikan keanekaragaman hayati di Kaltim," kata Chairil Anwar di Samarinda, Selasa.

Sukses program ini terlaksana berkat dukungan jajaran TNI dan Polri, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pelajar, mahasiswa, organisasi dan masyarakat. Partisipasi perusahaan baik industri migas, maupun perkebunan dan pertambangan dikatakan Chairil juga sangat besar.

"Kegiatan penghijauan Dinas Kehutanan menyediakan bibit secara gratis. Kita ingin, Kaltim hijau benar-benar terwujud dengan baik apalagi minat masyarakat untuk menanam pohon juga semakin tinggi," kata Chairil.

Menurut dia, membudayakan gerakan menanam pohon di masyarakat perlu terus dilakukan. Budaya menanam pohon perlu terus dilestarikan demi tercapainya cita-cita bersama mengembalikan kehijauan Kaltim.

Pada 28 November 2013 akan digelar Hari Penanaman Pohon yang dipusatkan di Kota Bontang. Bibit yang akan disediakan 187 ribu bibit pohon yang disebar ke kabupaten dan kota se-Kaltim pada hari penanaman tersebut, katanya.

"Gerakan penanaman pohon merupakan upaya nyata Pemprov Kaltim guna menjawab isu global warming atau pemanasan global. Karena, manfaat penanaman pohon secara nyata telah memberikan kontribusi menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca maupun mencegah bencana alam," kata Chairil. (Humas Pemprov Kaltim/adv)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013