Pertamina Kilang Balikpapan menggelar pertemuan dengan para penyedia barang dan jasa yang selama ini melayaninya. Ratusan orang yang mewakili puluhan perusahaan hadir di Gedung Banua Patra, Klandasan, Balikpapan, Selasa dalam acara yang disebut Vendor Day.

"Agar komunikasi antarkita lebih baik lagi. Juga untuk mewujudkan keterbukaan dan berbagi informasi antara perusahaan dan mitra kerja vendor," kata General Manager (GM) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho.

GM Bayu juga mengajak semua mitra kerja untuk saling bersinergi untuk mensukseskan program perusahaan.

Walaupun bukan khas dalam bisnis migas, di dunia mengolah dan mendistribusikan minyak, juga mencari dan memompa minyak dari perut bumi, umumnya pekerjaan diserahkan kepada ahlinya. Untuk mengebor sumur, misalnya, adalah satu perusahaan tersendiri. Untuk memelihara sumur yang sudah menghasilkan, juga biasa dikerjakan satu atau beberapa perusahaan. Karena itulah bisa terlibat begitu banyak perusahaan pada proyek-proyek di Kilang Pertamina Balikpapan.

­­­GM Bayu juga menekankan pentingnya aspek keselamatan dalam pelaksanaan pekerjaan.

"Aspek safety merupakan hal yang sangat penting. Pertamina memang sudah menciptakan mekanisme melalui pengawasan MCU, DCU, dan hal lainnya. Namun, kita juga perlu sama-sama merumuskan suasana kerja yang aman dan hal-hal apa yang perlu kita benahi. Pekerjaan kita ke depan harus semakin aman, baik dari sisi pekerja maupun peralatan yang digunakan," kata Bayu.

Dalam kegiatan Vendor Day kali ini ada beberapa materi yang disampaikan diantaranya aspek keselamatan dalam pekerjaan, sosialisasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), tata nilai AKHLAk serta asuransi.

Pada kesempatan itu juga perwakilan mitra kerja vendor Direktur PT Kaliasin Sejati Muhammad Firman Rizayan menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini dapat menjadi ajang silaturahmi tak hanya bagi PT KPI Unit Balikpapan dengan para vendor atau penyedia barang dan jasa, melainkan juga antar sesama vendor di Kota Balikpapan yang berkontribusi di PT KPI Unit Balikpapan.

“Terimakasih kepada PT KPI Unit Balikpapan yang sudah mengadakan acara vendor day ini dan mengundang para vendor agar terus menjalin silaturahmi antar vendor serta Pertamina,” tutup Firman. ***

Pewarta: Novi Abdi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022